0%
logo header
Rabu, 31 Januari 2024 10:28

KPU Sinjai Siapkan 830 Unit Printer di Pemilu 2024, Untuk Apa?

Ketua KPU Kabupaten Sinjai, Muhammad Rusmin. (Foto: Istimewa)
Ketua KPU Kabupaten Sinjai, Muhammad Rusmin. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID,SINJAI — Pemilihan Umum tahun 2024 ini sangat berbeda di tahun sebelumnya, beberapa kebutuhan atau penunjang Pemilu harus disiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) agar proses pemilu bisa berjalan lancar dan sukses.

Salah satunya yang disiapkan khususnya KPU Sinjai adalah alat penggandaan cetak atau printer. Alat ini akan disiapkan seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mencetak Formulir C Salinan.

“Sebanyak 830 unit printer akan kami siapkan untuk mencetak formulir C salinan di seluruh TPS di Sinjai. Sebab, format salinan yang disiapkan Pemilu Tahun ini hanya satu” ujar Ketua KPU Sinjai, Muhammad Rusmin kepada republiknews.co.id, Rabu (31/1/2024).

Baca Juga : Bawaslu Bulukumba Apresiasi Peran Media Dalam Tahapan Pemilu 2024

Rusmin menjelaskan, penulisan formulir C Salinan dilakukan sebanyak jumlah saksi partai yang menyerahkan surat mandat ke KPPS. Sehingga, butuh waktu lama dan menulis berkali-kali.

Misalnya, ketika ada saksi calon legislatif menempatkan saksi dan menyerahkan surat mandat maka Formulir C Salinan itu akan disalin berkali-kali dan ini akan membuat beban pekerjaan KPPS jadi berat serta proses menjadi lama.

“Jadi hanya sekali tulis, Format C salinan itu akan kita gandakan melalui printer yang disiapkan masing-masing TPS agar lansung diterima oleh saksi,” pungkasnya.

Baca Juga : Partisipasi Masyarakat Parepare Capai 85% dalam Pemilu 2024

Langkah ini tentunya untuk meminimalisir kondisi petugas KPPS di setiap TPS mengingat peristiwa pemilu ditahun 2019 lalu.

Sekedar diketahui, KPU Sinjai telah menetapkan sebanyak 830 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 9 Kecamatan dan 80 desa/kelurahan dengan Jumlah pemilih sebanyak 196.181.

Penulis: Asrianto

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646