0%
logo header
Selasa, 26 September 2023 11:48

Lampu di Pulau Kaledupa Wakatobi Resmi Menyala 24 Jam

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Bupati Wakatobi, Haliana, dan GM PLN Persero Sulsel Rabar, Moch Andy Adcha Mineordin saat tombol sirine persemian pengoperasian pelayanan listrik 24 jam Kaledupa. (Istimewa)
Bupati Wakatobi, Haliana, dan GM PLN Persero Sulsel Rabar, Moch Andy Adcha Mineordin saat tombol sirine persemian pengoperasian pelayanan listrik 24 jam Kaledupa. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, WAKATOBI – Bupati Wakatobi Sulawesi Tenggara, Haliana, memenuhi janji politiknya kepada masyarakat Pulau Kaledupa untuk memberikan pelayanan listrik 24 jam di sana. Tak tanggung-tanggung, orang nomor satu Kabupaten Wakatobi ini bersama GM PLN Sulselrabar, Moch Andy Adcha Mineordin, meresmikan pengoperasian pelayanan listrik siang – malam tersebut.

“Listrik yang sebelumnya menyala antara 12 jam dan 14 jam setiap hari insya Allah mulai petang ini nanti bisa nyala 24 jam,” kata Moch Andy Adcha Mineordin di lapangan Ambeua, Kecamatan Kaledupa kemarin.

Sentuhan listrik 24 jam ini kata dia, tidak terlepas dari kerjasama serta kolaborasi yang baik antara Pemkab Wakatobi dan PT Persero PLN. Tak kalah pentingnya adanya dukungan kuat dari masyarakat.

Baca Juga : Srikandi Tangguh PLN Lalui Segala Tantangan Wujudkan Listrik Berkeadilan di Sulselrabar

“Perlu kami sampaikan bahwa sesuai data yang PLN catat jumlah PLN di Pulau Kaledupa ini sebanyak 3799 pelanggan. Pemakaian tertingginya adalah sebesar 1017 kilo Watt, sementara saya netto total yang terpasang saat ini sebesar 1975 kilo Watt. Dengan beban 1017 kilo Watt makka daya cadangan di Pulau Kaledupa sangat -sangat cukup,” sambunganya.

Pada kesempatan itu, Bupati Wakatobi, Haliana, menyampaikan terimakasihnya kepada GM PLN Sulsel Rabar, Moch Andy Adcha Mineordin, bersama rombongan. Ia berharap momentum bersejarah ini membawa pergerakan pembangunan ekonomi masyarakat Kaledupa sesuai harapan bersama.

“Persoalan listrik bukan hanya janji politik, tetapi akan banyak dampak positinya jika listrik 24 jam kita bisa diwujudkan,” tukasnya Haliana.

Baca Juga : Safari Ramadan di Pulau Tomia, Bupati Haliana Serahkan Bantuan Pembangunan Masjid Ratusan Juta

Kabar baiknya lagi lanjut dia, pengoperasian layanan listrik 24 jam akan menyentuh daerah lainnya di Kaledupa seperti Desa Sombano yang ditergekan Desember 2023 ini. Termasuk Darwa dan Lentea yang masuk dalam perencanaan kegiatan pada 2024 nanti.

“Saya ulangi Desa Sombano 2023. Darawa dan Lentea tahun 2024,” uajrnya. (*)

Penulis : Gayus Irawadi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646