0%
logo header
Jumat, 17 November 2023 08:19

Novel Tyty Paembonan Desak Pemkab Kutim Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Anggota DPRD Kutai Timur, Novel Tyty Paembonan. (Istimewa)
Anggota DPRD Kutai Timur, Novel Tyty Paembonan. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI TIMUR — Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur, Novel Tyty Paembonan, menyoroti kebutuhan mendesak akan air bersih sebagai kebutuhan dasar masyarakat. Dalam pernyataannya, Novel menekankan bahwa pemenuhan air bersih bukan sekadar kebutuhan, melainkan kebutuhan pokok yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan sehari-hari masyarakat.

Namun, Novel menyatakan keprihatinan karena beberapa Kecamatan dan Desa di Kabupaten Kutai Timur belum mendapatkan perhatian serius dari pemerintah daerah terkait pemenuhan air bersih, menjadikan isu tersebut sebagai masalah utama di daerah tersebut.

Sebelumnya, Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, mengakui adanya warga yang masih belum mendapatkan akses layanan air bersih yang memadai. Mengenai hal ini, Novel menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur harus merasa bertanggung jawab atas pemenuhan sumber air bersih, mengingat pentingnya peran air bersih dalam kehidupan masyarakat.

Baca Juga : PT BMA Diduga Tanam Sawit di Luar HGU, DPRD Kutim Rencanakan Panggil Semua Pihak Terkait

Novel, yang juga seorang dokter, menjelaskan bahwa air bersih adalah landasan kesehatan masyarakat dan konsumsi air yang tidak bersih dapat membahayakan kesehatan. Ia berharap agar Pemkab Kutai Timur dan DPRD Kutai Timur bekerja sama untuk memprioritaskan pembangunan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, terutama dalam situasi saat ini dengan anggaran yang cukup besar.

“Dengan anggaran yang besar ini, seharusnya kita lebih memprioritaskan pembangunan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, jangan mengadakan program yang tidak terlalu penting,” ujarnya kepada awak media.

Novel juga menekankan bahwa selain air bersih, pendidikan, kesehatan, dan akses antar daerah juga merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Pendidikan dianggap sebagai kunci kemajuan daerah, sementara kesehatan merupakan tolak ukur untuk kemajuan suatu daerah. Akses jalan yang baik juga dianggap sangat penting dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dan memperkuat perputaran ekonomi.

Baca Juga : Agusriansyah Apresiasi Pemkab Kutim Lakukan Peningkatan Jalan Desa di Kecamatan Sandaran

Dengan harapannya, Novel menginginkan fokus pada pembangunan pemenuhan kebutuhan dasar warga Kutai Timur dengan menggunakan anggaran yang besar yang telah diberikan. Semoga perhatian dari pemerintah daerah ini dapat membantu mengatasi permasalahan pemenuhan air bersih dan memastikan bahwa kebutuhan dasar masyarakat Kutai Timur terpenuhi dengan baik. (ADV)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646