Pemkab Gowa Siapkan Ranperda Khusus untuk Optimalkan Potensi PAD

  • Bagikan
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, menyerahkan draf Ranperda kepada Ketua DPRD saat Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Gowa, Jum'at (01/10/2021).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA – Pemerintah Kabupaten Gowa menyiapkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dalam rangka mencari sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang baru. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Menurut Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, salah satu yang dilakukan dengan cara menambah serta mengkaji ulang sumber retribusi di beberapa sektor yang ada di Kabupaten Gowa.

Objek retribusi yang telah dikaji ini kemudian dituangkan kedalam tiga buah Ranperda yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten kepada DPRD Kabupaten Gowa.

“Esensi penyerahan Ranperda kali ini bertujuan untuk menambah objek retribusi di beberapa sektor agar terjadi peningkatan PAD kita,” kata Adnan usai menyerahkan langsung Ranperda pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Gowa di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Gowa, Jum’at (1/10/2021).

Tiga buah Ranperda yang diserahkan adalah Ranperda tentang Zona Nilai Tanah (ZNT), Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Kabupaten Gowa Tahun 2021 – 2035, dan Perubahan Atas Perda Kabupaten Gowa Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan.

“Kami mengharapkan nantinya ada masukan dan penyempurnaan baik dari segi redaksional maupun muatan teknis. Karena, Ranperda ini juga telah memiliki naskah akademik yang juga kami serahkan bersamaan,” lanjutnya.

Adnan menjelaskan, pajak pariwisata, pemukiman, dan minerba adalah sektor yg besar untuk sumber PAD. Karena, hasil pendapatannya dapat langsung masuk ke Kabupaten Gowa.

  • Bagikan