0%
logo header
Jumat, 10 Februari 2023 18:01

Pemkab Soppeng Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2023

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Ket : Pemkab Soppeng Peringati Hari Peduli Sampah Nasional di Stadion H.A.Wana Laburawung Watansoppeng (Istimewa)
Ket : Pemkab Soppeng Peringati Hari Peduli Sampah Nasional di Stadion H.A.Wana Laburawung Watansoppeng (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SOPPENG – Pemerintah Kabupaten Soppeng memperingati hari peduli sampah nasional (HPSN) tahun 2023 di Stadion H.A.Wana Laburawung Watansoppeng, Jumat (10/02/2023).

Pelaksana tugas Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Soppeng Makmur Herial menyampaikan bahwa tema HPSN 2023 yaitu ‘Tuntas kelola sampah untuk kesejahteraan masyarakat’

Lanjutnya, dengan tema tersebut mengingatkan kita tentang potensi nilai ekonomi yang dimiliki sampah bila dikelola dengan baik melalui kegiatan pemilihan sampah dan pemanfaatan sampah sebagai bahan baku daur ulang sehingga dapat bernilai ekonomi.

Baca Juga : Belajar Pengembangan Sapi Perah, Bupati Soppeng Kunjungi Pasuruan Jawa Timur

Adapun tujuan dalam HPSN tersebut yakni untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam pengelolaan sampah serta memantapkan komitmen Pemkab Soppeng dalam aksi nyata penurunan emisi gas rumah kaca.

“Ikut terlibat pada HPSN di Soppeng yaitu Pegawai Pemkab, Instansi vertikal, BUMN/BUMD, Badan usaha milik swasta, Pemerhati lingkungan dan masyarakat,” ungkap Makmur Herizal.

Sementara, Sekda Andi Tenri Sessu mengatakan bahwa HPSN diperingati setiap tahun sebagai momentum agar kita semakin baik dalam mengelola sampah dan mampu meningkatkan kepedulian dari komitmen bersama untuk menyikapi sampah dengan lebih baik.

Baca Juga : LHP LKPD Tahun 2023, Soppeng Raih WTP ke-10

“Rencana aksi menitikberatkan pada pengelolaan sampah dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca 41 persen yang menjadi target nasional,” kata Sekda Soppeng Andi Tenri Sessu.

Sambungnya bahwa penyelenggaraan HPSN 2023 berfokus pada pengelolaan sampah melalui bulan peduli sampah nasional selama Februari 2023 agar dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya mencapai target zero emisi pada tingkat nasional dan daerah yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, Dunia usaha serta elemen masyarakat.

“Pengelolaan sampah adalah kewajiban kita bersama sebagai penghasil sampah, kita harus bertanggung jawab menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat,” Ungkap A.Tenri Sessu 

Baca Juga : Gotong Royong, Wabup Soppeng Hadir di Tengah Masyarakat

“Saya menghimbau agar seluruh SKPD, Camat, Lurah/Kades untuk masing-masing melakukan kegiatan aksi peduli sampah dan melaporkannya,” tutupnya. (*)

Penulis : Yusuf
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646