0%
logo header
Senin, 02 April 2018 19:19

Pengamat Ini Sebut Kekuatan DIAmi Makin Tergerus

Pengamat Ini Sebut Kekuatan DIAmi Makin Tergerus

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Kurang lebih dua bulan jelang pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) terus menunjukkan kekuatannya.

Hal ini terlihat setalah ratusan ketua RT/RW yang merupakan basis kuat pasangan Moh Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari (DIAmi) memperlihatkan dukungannya ke Appi-Cicu.

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Syahrir Karim mengatakan, pengalihan dukungan Ketua RT/RW itu akan berdampak serius bagi pasangan Danny-Indira.

Baca Juga : Relawan PACU : Ayo Kawal Kemenangan Rakyat Makassar

“Terkait pindahnya dukungan ketua RT/RW ke Appi-Cicu jelas akan berdampak serius ke DIAmi,” kata Syahrir, Senin (02/04/2018).

Menurut dia, ini adalah kerja yang baik yang dilakukan oleh tim Appi-Cicu untuk menguasai grassroot.

Syahrir tidak menampik bahwa Ketua RT/RW adalah salah satu instrumen kuat Danny-Indira.

Baca Juga : Kawal Pleno KPU, Andi Ochank Yakin Appi-Cicu Menang

“Mesin politik Appi-Cicu sangat sadar, bahwa RT/RW ini merupakan salah satu kekuatan politik DIAmi. Olehnya itu, kalau RT/RW ini direbut, maka kekuatan pemilih DIAmi akan berkurang dan sebaliknya kekuatan Appi-Cicu semakin kuat,” ungkapnya.

Sementara itu, menanggapi fenomena beralih atau pindah dukungan, menurutnya itu merupakan bukti bahwa masih sulit menemukan pemilih ideologis.

“Pemilih kita masih sangat pragmatis dalam menentukan pilihanya. Mereka ini sering disebut sebagai swing voters, yang masih gampang dipengaruhi dan berubah pilihan. Pemilih-pemilih seperti Inilah yang diperebutkan oleh para kontestan,” tandasnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646