Pimpin Apel Siaga Bencana, Sekda Luwu Utara: Kenali Ancamannya Lalu Siapkan Strateginya

  • Bagikan
Sekda Luwu Utara, Armidi, mengecek kesiapan personel saat Apel Konsolidasi Kesiapsiagaan Bencana, Jumat (19/11/2021).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, LUWU UTARA — Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara, Armiadi menegaskan BPBD dan SAR harus memahami setiap potensi ancaman bencana alam dan menyiapkan strategi pencegahan hingga penyelamatan.

Kali ini apel konsolidasi kesiapsiagaan bencana digelar di Kecamatan Sabbang dan dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Utara, Armiadi, Jumat (19/11/2021).

Dalam apel tersebut, Armiadi menegaskan BPBD, SAR dan semua pihak terkait harus mengenali dan tahun sedini mungkin setiap ancaman akan terjadinya bencana alam, terlebih seperti saat ini kondisi cuaca yang tak menentu.

“Kenali ancamannya, siapkan strateginya, dan siap untuk selamat,” tegas Armiadi.

Armiadi juga menyampaikan, jika Luwu Utara dengan topografi mulai dari laut sampai pegunungan membuat Luwu Utara seperti supermarket bencana, semua bencana bisa terjadi di wilayah Luwu Utara.

“Baik itu banjir, tanah longsor angin puting beliung, kekeringan, kebakaran hutan, gelombang ekstrim, abrasi gempa bumi bahkan tsunami. Semua potensi itu harus kita waspadai sedini mungkin agar paling tidak kita bisa mencegah timbulnya korban setiap bencana terjadi,” jelas Armiadi.

Menurutnya informasi atau peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sangat penting sebagai data awal untuk menyiapkan pencegahan.

“Kemungkinan datangnya fenomena La Nina yang dapat menyebabkan memperbesar kemungkinan curah hujan dan angin kencang, tentu itu berdampak terjadinya bencana hidrometeorologi banjir cuaca ekstrim longsor dan pohon tumbang. Makanya kesiap siagaan itu harus terus kita lakukan, karena tak ada yang bisa memprediksi kapan bencana terjadi,” pungkasnya

“Apel ini gerakan kita bersama, dari kita oleh kita dan untuk kita. Mari bergandengan tangan dan bersama-sama kenali ancamannya siapkan strateginya siap untuk selamat,” tutup Armiadi. (*)

  • Bagikan