0%
logo header
Senin, 05 Juni 2023 21:30

PLN Dorong Pengembangan Usaha Petani Perempuan di Barru

Chaerani
Editor : Chaerani
PT PLN melalui PLN UIP Sulawesi memberikan bantuan pengembangan bagi kelompok wanita tani di Desa Lampoko Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, kemarin. (Dok. Humas PLN UIP Sulawesi)
PT PLN melalui PLN UIP Sulawesi memberikan bantuan pengembangan bagi kelompok wanita tani di Desa Lampoko Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru, kemarin. (Dok. Humas PLN UIP Sulawesi)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BARRU — PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi ambil bagian dalam pengembangan perempuan khususnya pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal ini diimplementasikan lewat bantuan pengembangan usaha berupa perlengkapan dan peralatan produksi pembuatan bawang goreng bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) Bunga Desa, di Desa Lampoko Kecamatan Balusu, Kabupaten Barru. Program ini pun merupakan bagian dari program PLN Peduli.

Ketua KWT Bunga Desa Ratna menjelaskan, kelompoknya memiliki anggota sebanyak 30 orang yang pekerjaan sehari-harinya adalah ibu rumah tangga. Sementara secara mayoritas pekerjaan suami berprofesi sebagai petani.

Baca Juga : Indosat dan Google Cloud Komitmen Wujudkan Pengalaman Digital Berbasis AI di Indonesia

Pada bantuan ini pun KWT Bunga Desa mendapatkan bantuan berupa mesin pemotong, mesin pengering bawang merah, hingga mesin pengemas.

“Kami berharap dengan bantuan ini dapat meningkatkan produktivitas KWT Bunga Desa, karena selama ini kami masih memproduksi bawang goreng dengan peralatan seadanya. Sehingga produk yang dihasilkan belum maksimal,” katanya usai menerima bantuan secara simbolik, kemarin.

Ia menambahkan, untuk produksi bawang goreng yang dikelola kelompoknya masih menggunakan kemasan yang sederhana dan pemasarannya masih sangat terbatas.

Baca Juga : Jelang Idul Adha, TPID Gowa Cek Stok dan Harga Bahan Pokok di Pasar Tradisional

“Sebelumnya kami antusias dalam mengembangkan usaha bawang goreng dengan perlengkapan seadanya. Kami sangat senang dengan adanya bantuan dari PLN usaha ini akan lebih berkembang lagi,” lanjutnya.

Sementara, Kepala Desa Lampoko Budiman menyampaikan apresiasinya kepada PLN yang selama tiga tahun ini terus mendukung peningkatan perekonomian di Desa Lampoko. Di mana pada 2021 pihak PLN memberikan bantuan berupa dua unit traktor, selanjutnya di 2022 memberikan bantuan berupa 1.650 kilogram (Kg) bibit bawang merah.

Kemudian di 2023 PLN kembali memberikan bantuan pengembangan usaha bawang goreng bagi KWT Bunga Desa.

Baca Juga : Keluarkan Rekomendasi, Telapak Tegaskan Tak Ada Pelanggaran HAM di Kawasan Konsesi Blok Tanamalia PT VI

“Kami bersyukur ada pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di desa kami, sehingga PLN memperhatikan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya,” ujarnya.

Menurutnya, berkat bantuan dan pemberdayaan dari PLN, desa yang dipimpinnya sudah jauh lebih maju. Hingga tiga tahun ini, total bantuan yang diberikan sekitar Rp272 juta pada berbagai item bantuan.

“Selain bantuan perlengkapan dan peralatan produksi, bantuan yang diberikan akan dimanfaatkan untuk pelatihan keterampilan usaha dan pengurusan Sertifikat Halal serta Sertifikat BPOM,” jelasnya.

Baca Juga : PLN Goes To Campus Sambangi Unismuh Makassar, Mahasiswa Diedukasi Informasi Kelistrikan

Terpisah, Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Sulawesi Nur Akhsin mengaku, PLN senantiasa memberikan dukungan bagi UMKM untuk bisa dikelola secara mandiri. Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas masyarakat melalui bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan dalam hal ini pengembangan usaha.

Upaya ini, katanya merupakan komitmen PLN terhadap prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) dalam menciptakan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

“PLN akan terus memberikan pendampingan dan pemberdayaan kepada para pelaku UMKM demi meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat di sekitar pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan,” tutupnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646