0%
logo header
Selasa, 13 April 2021 00:22

PMI Gowa akan Fokus Bantu Percepatan Penanganan Covid-19

Ketua PMI Kabupaten Gowa Abd. Rauf Malaganni pada Musyawarah Kerja PMI Kabupaten Gowa, di Baruga Tinggimae Rumah Jabatan Bupati Gowa, Senin (12/04/2021). (Istimewa)
Ketua PMI Kabupaten Gowa Abd. Rauf Malaganni pada Musyawarah Kerja PMI Kabupaten Gowa, di Baruga Tinggimae Rumah Jabatan Bupati Gowa, Senin (12/04/2021). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gowa akan mengambil upaya-upaya kongkrit dalam membantu pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19.

Bahkan pihaknya akan memfokuskan dalam membantu pemerintah dalam upaya percepatan penanganan Covid-19.

“Kita akan memfokuskan program kerja PMI Kabupaten Gowa dalam kegiatan kebencanaan. Seperti membantu pada posko percepatan penanagan Covid-19 yang sudah terbentuk di seluruh kecamatan, desa dan kelurahan,” kata Ketua PMI Kabupaten Gowa Abd. Rauf Malaganni pada Musyawarah Kerja PMI Kabupaten Gowa, di Baruga Tinggimae Rumah Jabatan Bupati Gowa, Senin (12/04/2021).

Baca Juga : Wabup Gowa Minta Layanan Koperasi Melek Teknologi

Khusus di tahun ini, PMI Kabupaten Gowa akan tetap bersinergi dan berkolaborasi demi mendukung program kerja PMI Sulawesi Selatan. Baik dalam program kebencanaan, termasuk penanganan Covid-19.

“Kita siap membantu dalam penanganan Covid-19. Bahkan beberapa hal telah kita lakukan bersama pemerintah daerah, seperti terlibat langsung dalam penyemprotan disinfektan, pembagian masker dan mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan,” ujarnya.

Abd. Rauf yang juga Wakil Bupati Gowa ini mengatakan, kedepannya pihaknya juga akan merencanakan pembangunan markas PMI Kabupaten Gowa demi mendukung program-program kerja yang akan dilakukan.

Baca Juga : Kabupaten Gowa Jadi Lokasi Pelaksanaan KKN Mahasiswa Muhammadiyah dan Aisyiyah di Indonesia

“Kita sangat memohon doa dan dukungannya untuk rencana pembangunan ini,” ujarnya.

Ia menyebutkan, khusus di 2020 lalu beberapa program telah dilakukan PMI Kabupaten Gowa. Di antaranya, membentuk relawan siaga bencana berbasis masyarakat di seluruh desa dan kelurahan. Di mana hingga saat ini dari 167 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Gowa sekitar 40 persen telah dibentuk relawan siaga bencana.

“Dari berbagai kegiatan yang telah kami lakukan tentunya tidak terlepas dari bantuan dan dukungan Pemkab Gowa. Hal ini juga dapat dari bantuan pemerintah dengan memberikan dana hibah untuk kegiatan PMI Kabupaten Gowa sekitar Rp1 miliar,” ungkapnya.

Baca Juga : Tembus ke Pelatnas Bulutangkis, Reza dan Sofy Harumkan Nama Sulsel

Sementara, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Muhammad Rusdi menyampaikan apresiasinya atas kontribusi yang telah dilakukan PMI Kabupaten Gowa dalam membantu pemerintah setempat pada berbagai kegiatan, terutama penanganan bencana alam maupun non alam.

“Saya berharap apa yang dilakukan pada hari ini yaitu musyawarah kerja betul-betul akan melahirkan program kegiatan yang berpihak kepada masyarakat atau kepada yang membutuhkan,” harapnya. (Rhany)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 852-9999-3998