0%
logo header
Jumat, 08 Maret 2024 18:38

Raih 12 Penghargaan Menteri BUMN, PLN Jadi Best of The Best Communications di BCOMSS 2024

Chaerani
Editor : Chaerani
Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo saat menerima penghargaan Best CEO Communications dari Menteri BUMN Erick Thohir pada ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024, kemarin. (Dok. Humas PLN UIP Sulawesi)
Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo saat menerima penghargaan Best CEO Communications dari Menteri BUMN Erick Thohir pada ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024, kemarin. (Dok. Humas PLN UIP Sulawesi)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA — Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo berhasil meraih penghargaan Best CEO Communications dalam ajang BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024 .

Kegiatan ini diselenggarakan di Lapangan Tennis Indoor Senayan, 7 Maret 2024 malam kemarin. Dalam ajang apresiasi terhadap praktisi komunikasi dan program keberlanjutan perusahaan di lingkungan BUMN ini, secara total PLN memborong 12 penghargaan dan dinobatkan menjadi Best of the Best Communication.

Berkat pengelolaan komunikasi korporat yang baik, PLN juga berhasil mendapatkan Peringkat 1 dan 3 Media Relations, Peringkat 2 dan 3 Internal Communications, dan Peringkat 1 Social Media Ranger. Selanjutnya, EVP Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Gregorius Adi Trianto berhasil meraih Best Corporate Communications.

Baca Juga : Bupati Gowa Hadiri Langsung Sertijab Pangdivif 3 Kostrad

Sementara pada Sustainability, PLN terpilih menjadi Peringkat 1 pada Community Involvement Development (CID) Kesehatan, Rumah BUMN of the Year, Best Milennial TJSL, dan Top Contributor BUMN for Sustainability. Selain itu, Corporate Secretary PLN Alois Wisnuhardana juga menjadi nominasi best Corporate Secretary.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan terima kasih atas seluruh penghargaan yang diperoleh PLN pada BCOMSS 2024.

“Penghargaan ini bisa didapat karena kerja keras semua insan PLN dalam melakukan transformasi bisnis, salah satunya di sektor komunikasi perusahaan. Tidak lain ini adalah upaya kita untuk semakin transparan dan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat,” terangnya, dalam keterangannya.

Baca Juga : Wabup Gowa Ingatkan Tanggungjawab ASN di Hari Kesadaran Nasional

Raihan ini tentunya tidak lepas dari peran Darmawan memimpin transformasi sektor komunikasi di PLN. Melalui transformasi, dirinya menggarap serius pengelolaan komunikasi korporat untuk menjembatani informasi perusahaan kepada publik.

“Dulu komunikasi korporat kami tidak terstruktur, pasif, dan kurang responsif dalam menanggapi berbagai isu. Kami lakukan transformasi untuk lebih mendekatkan diri di tengah masyarakat. Kini kita bisa melihat komunikasi yang dilakukan menjadi akurat, powerful dan efektif,” jelas Darmawan.

Sepanjang 2023, komunikasi korporat PLN secara konsisten mengelola informasi dan publikasi yang mampu menjangkau khalayak luas, bukan hanya di tingkat nasional tetapi juga cakupan global, yang menghasilkan lebih dari 174 ribu pemberitaan di lebih dari 4,5 ribu media.

Baca Juga : Angkatan 98 Siap Menangkan Syahrul Juaksha Subuki Jadi Ketua IKA Smandel Makassar

Bahkan berdasarkan hasil survei Nasional, isu transisi energi yang disampaikan PLN dipahami oleh 45 persen publik. Dari 45 persen publik yang tahu tentang program PLN dalam mewujudkan transisi energi, 86 persen merasa sangat atau cukup yakin PLN mampu menjalankan program transisi energi.

Ini menunjukkan keberhasilan strategi komunikasi dan pengelolaan saluran komunikasi yang baik. Sehingga sebagian besar publik yakin bahwa PLN mampu menjadi leader dalam menjalankan program transisi energi di tanah air.

Menteri BUMN Erick Thohir dalam sambutannya mendorong semua perusahaan BUMN bisa menerapkan keterbukaan dan keberlanjutan. Hal ini kata Erick, mengingat tantangan di masa depan yang membutuhkan tranformasi seluruh perusahaan BUMN.

Baca Juga : Khatam Alquran 5 Kali Selama Ramadan, 11 ASN Pemkab Gowa Diberangkatkan Umrah

“Ini bagian kita terus mendorong keterbukaan informasi sebagai bagian dari tata kelola perusahaan yang baik,” ujarnya.

Ia mengatakan, peningkatan keterbukaan informasi BUMN pada 2024 naik 2.500 kali lipat ketimbang pada 2019 saat ia menjabat yang hanya ada satu BUMN yang memiliki status informatif dengan baik. Capaian prestasi yang diperoleh perusahaan-perusahaan BUMN saat ini harus menjadi pemacu untuk menciptakan terobosan-terobosan demi kemajuan.

“Transformasi BUMN juga harus kita dorong, kita tidak bisa berpuas diri hari ini, apakah misalnya deviden tahun ini yang terbesar sepanjang sejarah yaitu Rp 81,4 Triliun cukup? Tidak. Negara membutuhkan lebih,” katanya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646