0%
logo header
Selasa, 18 Juli 2023 13:54

Ribuan Peserta Kirab Budaya Kelilingi Kota Kalong Watansoppeng

Ribuan Peserta Kirab Budaya Kelilingi Kota Kalong Watansoppeng

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SOPPENG — Dalam rangkaian Gau Maraja La Patau Matanna Tikka, Kirab Budaya dengan melibatkan ribuan peserta mengelilingi Kota Kalong Watansoppeng, Senin (17/07/2023).

Kirab Budaya yang dilepas di Anjungan I Mangkawani, Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak menyampaikan terimakasih kepada para tamu Gau Maraja La Patau, baik lokal maupun tamu Internasional, dimana diketahui La Patau Matanna Tikka adalah tokoh penting yang telah melakukan dasar hubungan persaudaraan, kerjasama persatuan Indonesia di Sulselbar.

“La Patau adalah Raja menjadi simbol dalam gerakan atau penyatuan geologis antar para bangsawan Bugis Makassar dan mandar,” ungkap Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak.

Baca Juga : Belajar Pengembangan Sapi Perah, Bupati Soppeng Kunjungi Pasuruan Jawa Timur

Lanjutnya bahwa tujuan pelaksanaan Kirab Budaya yaitu menjadi media yang cukup representatif untuk menjadikan sekaligus mengenalkan identitas lokal yang telah ada dan mengakar.

Kirab Budaya berupa parade Budaya dengan berpakaian Adat tradisional yang diiringi dengan musik tradisional sehingga keanekaragaman adat istiadat.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran bagi generasi bahwasanya para leluhur telah mewariskan kebiasaan-kebiasaan, baik untuk ditiru meskipun zaman telah berganti,” harap Bupati Andi Kaswadi. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646