0%
logo header
Senin, 01 Juli 2024 13:58

RSUD AM Parikesit Tenggarong Seberang Bangun 3 Gedung Baru Pakai Dana BLUD Rp 164 Miliar

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Suasana Groundbreaking pembangunan gedung baru RSUD AM Parikesit beberapa waktu lalu. (Istimewa)
Suasana Groundbreaking pembangunan gedung baru RSUD AM Parikesit beberapa waktu lalu. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) AM Parikesit Tenggarong Seberang akan memiliki tiga gedung baru untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Pembangunan gedung tersebut menggunakan dana Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD AM Parikesit senilai Rp 164 miliar.

Peletakan batu pertama pembangunan gedung baru RSUD AM Parikesit telah dilakukan oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar beberapa waktu lalu.

Direktur Utama RSUD AM Parikesit, dr. Martina Yulianti, menjelaskan bahwa pembangunan gedung 1, 2, dan 3 tersebut ditargetkan selesai dalam waktu 210 hari kerja. Gedung-gedung baru ini akan menyediakan berbagai layanan kesehatan tambahan.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

“Nantinya bangunan baru ini akan dilengkapi dengan 10 ruang operasi dan 50 tempat tidur untuk perawatan intensif, termasuk ruang ICU, NICU, ICCU, dan PICU. Selain itu, terdapat juga 40 tempat tidur di ruang hemodialisis, 20 ruang fisioterapi, gedung UGD tiga lantai, dan beberapa poliklinik eksekutif,” ujar dr. Martina Yulianti.

Pembangunan gedung baru ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang RSUD AM Parikesit. Pasalnya, gedung lama yang sudah berusia lebih dari 10 tahun sudah tidak layak lagi untuk digunakan.

“Bangunan yang lama nantinya akan digunakan menjadi paviliun,” imbuhnya.

Baca Juga : Kukar Jadi Tujuan Kunjungan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat Dua

Dengan adanya gedung baru ini, diharapkan RSUD AM Parikesit dapat memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan nyaman bagi masyarakat.

“Saya harap gedung baru nanti bisa meningkatkan pelayanan rumah sakit kami kepada masyarakat, terutama menjadi garda terdepan dalam penanganan kasus stunting di Kukar,” tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646