0%
logo header
Kamis, 30 November 2023 17:34

Rutan Pinrang, Enrekang dan Makale Jadi Lokasi Monev Kanwil Kemenkumham Sulsel

Chaerani
Editor : Chaerani
Tim Kanwil Kemenkumham Sulsel saat melakukan monitoring dan evaluasi di tiga UPT masing-masing Rutan Pinrang, Enrekang dan Makale. (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)
Tim Kanwil Kemenkumham Sulsel saat melakukan monitoring dan evaluasi di tiga UPT masing-masing Rutan Pinrang, Enrekang dan Makale. (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Tim Kanwil Kemenkumham Sulsel melakukan Monitoring Evaluasi (Monev) terkait Penanganan Pengaduan, Pembangunan Zona Integritas (ZI), dan Pemberitaan Positif melalui Sistem Informasi Pelayanan Publik Nasional (SIPPN) dan media lainnya.

Pelaksanaan monev tersebut berlangsung sejak 27 hingga 29 November 2023 yang dilakukan di tiga Unit Pelaksanan Teknis (UPT) berbeda. Antara lain, Rutan Kelas IIB Pinrang, Rutan Kelas IIB Enrekang, dan Rutan Kelas IIB Makale.

Tim tersebut berasal dari masing-masing Koordinator Subbagian Humas RB dan TI Kanwil Kemenkumham Sulsel. Mulai dari, Fauzul Rijal Muhammady, Daniel Orlando, dan Akbar Ainur Ramadhan.

Baca Juga : Delapan Tahun Kepemimpinan Adnan-Kio: Momen Tuntaskan Janji

Koordinator Tim Monev Kanwil Kemenkumham Sulsel Fauzul mengatakan, sesuai dengan arahan Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak, kegiatan monev ini dilaksanakan guna mengevaluasi pelaksanaan penanganan pengaduan pada tiga UPT tersebut. Dimana apakah telah dilakukan dengan benar, memastikan keberlanjutan pelaksanaan pembangunan Zona Integritas (ZI), dan memastikan pemberitaannya bernada positif dan tayang di situs SIPPN beserta media lainnya.

“Dari monitoring yang dilakukan di tiga UPT tersebut, rata-rata pengaduan yang diterima nihil. Justru kebanyakan hanya permintaan informasi dari masyarakat,” ungkapnya di sela-sela monev, kemarin.

Fauzul mengungkapkan, terkait pembangunan ZI tim monev melakukan pemeriksaan capaian kegiatan pembangunan ZI, serta mengidentifikasi hambatan atau permasalahan. Sehingga tim monev dapat memberikan upaya perbaikan.

Baca Juga : OJK Komitmen Perkuat Industri BPR

Lalu terkait dengan pemberitaan positif, Fauzul mengapresiasi atas pemberitaan bernada positif dan netral yang telah tayang di sejumlah kanal media online, terutama Rutan Makale yang intens mempublikasikan beritanya di situs SIPPN milik Kemenpan RB.

“Kepala jajaran Rutan Pinrang dan Rutan Enrekang, saya meminta agar pemberitaan positif dapat dipublikasikan juga di situs SIPPN,” ujarnya.

Disamping itu, ia meminta jajarannya untuk menjaga kondusifitas di tiga UPT tersebut.

Baca Juga : Bupati Gowa: Pengembangan Kawasan Mamminasata Pacu Ekonomi Daerah

“Hal ini penting agar jangan sampai ada kejadian viral atau pemberitaan negatif yang justru merusak citra ketiga UPT tersebut,” harapnya.

Adapun jajaran dari ke-3 UPT tersebut menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kedatangan tim monev dari Kanwil Kemenkumham Sulsel guna melakukan bimbingan dan pembinaannya kepada seluruh jajaran dan pelaksana pada tiga UPT tersebut.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646