0%
logo header
Jumat, 13 Mei 2022 13:13

Sagu Luwu Utara Dapat Sertifikasi dari Kementerian Pertanian RI

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (kanan), Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani (tengah) dan Wakil Bupati Suaib Mansur (kiri) saat Rapat Paripurna DPRD dalam rangka memperingati Hari Jadi Luwu Utara ke-23, Kamis (12/05/2022). (Istimewa)
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (kanan), Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani (tengah) dan Wakil Bupati Suaib Mansur (kiri) saat Rapat Paripurna DPRD dalam rangka memperingati Hari Jadi Luwu Utara ke-23, Kamis (12/05/2022). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, LUWU UTRA — Kabupaten Luwu Utara memperoleh persetujuan dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk sertifikasi sagu di Luwu Utara dengan nama “Sagu Tana Luwu.”

Sertifikasi tersebut atas kerjasama Pemda Luwu Utara, Balai Palma Manado, dan Universitas Hasanuddin.

“Dengan terbitnya sertifikasi ini, maka pengadaan benih dan bibit sagu sudah dapat diperoleh di Luwu Utara. Tidak perlu lagi ke Meranti di Provinsi Riau Kepulauan yang selama ini menjadi pemasok bibit sagu bersertifikasi,” kata Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Kamis (12/05/2022) saat menyampaikan sambutan di hadapan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman pada puncak Peringatan HUT XXIII Kabupaten Luwu Utara yang digelar dalam Rapat Paripurna.

Baca Juga : Sambut Kajati Sulsel yang Baru, Pj Gubernur Bahtiar Bangun Perkenalan Lewat Temu Silaturahmi

Bupati perempuan pertama di Sulsel ini mengatakan, salah satu varietas tanaman pangan yang dapat menghidupi masyarakat adalah tanaman sagu.

“Jadi kalau kita bicara histori sagu itu cukup panjang. Sebab sebelum masyarakat Tana Luwu mengenal padi dan beras, makanan pokoknya adalah sagu. Khusus untuk Luwu Utara lambang daerahnya adalah pohon sagu. Pemda kemudian berkomitmen bagaimana membudidayakan sagu karena terkait dengan sejarah dan identitas masyarakat Tana Luwu,” jelas isteri dari Anggota Komisi V DPR RI, Muhammad Fauzi ini.

Pada kesempatan tersebut, Indah juga menyampaikan bahwa hingga saat ini Kabupaten Luwu Utara tetap menjadi salah satu kabupaten penyangga pangan dan tetap mempertahankan posisinya sebagai lumbung beras di Sulawesi Selatan dengan luas lahan di angka 28.992,92 Hektare dengan tingkat produktifitas 5,75 ton/ hektare dengan capaian surplus beras sebesar 87.373,49 ton pada tahun 2021.

Baca Juga : Sinergi Basarnas dan Pemprov Sulsel dalam Penanganan Bencana Semakin Kuat

“Komoditas lain yang cukup berperan dalam pertumbuhan ekonomi Luwu Utara adalah sub sektor perkebunan terutama sawit dan kakao,” sebut Indah.

Berdasarkan data tahun 2021, produksi kakao Luwu Utara sebesar 28.573,37 ton dengan tingkat produktifitas 1,005 ton/ hektare. Dengan tetap mengandalkan varietas lokal MCC-02. Sementara produksi kepala sawit sebesar 386.174,60 ton dengan tingkat produktifitas 23.786 ton/ hektare.

Selain komoditas tanaman pangan dan perkebunan, komoditas lain yang cukup berperan dalam perekonomian Luwu Utara adalah produk hasil perikanan dan peternakan. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646