Selama Ramadan Konsumsi Air PDAM Tirta Jeneberang Gowa Meningkat 20 Persen

  • Bagikan
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat melihat langsung pengoperasian IPA Borongloe kapasitas 100 liter per detik di Kantor PDAM Tirta Jeneberang, Kecamatan Bontomarannu, Selasa (09/03/2021) lalu. (Rhany)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jeneberang Gowa meningkat sepanjang Ramadan 1442 Hijriah ini. Peningkatan konsumsi air yang tercatat naik sekitar 20 persen.

“Pastinya ada peningkatan. Terlebih lagi di masjid-masjid karena digunakan untuk beribadah,” kata Humas PDAM Tirta Jeneberang Gowa, Nurdiansyah, Sabtu (25/04/2021).

Dengan meningkatnya konsumsi air bersih tersebut, pihaknya berupaya agar kebutuhan atau pasokan air bersih yang dibutuhkan masyarakat dapat dipenuhi. Hal ini pun dilakukan pihak PDAM Tirta Jeneberang Gowa agar selama menjalankan bulan Ramadan, air bersih yang butuhkan masyarakat tetap terjamin.

“Sebelum masuk Ramadan, semua instalasi pengolahan air itu dibersihkan dan sumur-sumur intake juga dibersihkan,” tutur Nurdiansyah.

Tak hanya itu pihaknya selalu siap jika ada informasi dari masyarakat terkait adanya kebocoran pipa di lapangan. Dimana tim trandis yang telah dibentuk akan langsung memperbaiki.

Sementara itu pelayanan di Kantor PDAM Tirta Jeneberang Gowa selama Ramadan tetap berjalan seperti biasanya.

“Waktu pelayanan tetap 24 jam. Tidak ada yang berubah. Waktu kantor pun tetap sama mulai dari Senin sampai Sabtu,” tutupnya.

Sebelumnya, Instalasi Pengolahan Air (IPA) Borongloe, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, untuk Instalasi Kota Kecamatan (IKK) Bontomarannu dengan kapasitas 100 liter per detik siap memberikan subsidi air bersih bagi masyarakat yang ada di wilayah jangkauannya.

Direktur Utama PDAM Tirta Jeneberang Hasanuddin Kamal mengatakan, dengan kapasitas 100 liter per detik yang dihasilkan dari IPA Borongloe, IKK Bontomarannu ini mampu melayani kebutuhan air bersih sekitar 8.000 sambungan rumah (SR). Bahkan dapat memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat yang ada di wilayah cakupan IPA Mamminasata.

“Ini juga bisa memenuhi kebutuhan air bersih sebelum IPA Mamminasata dibangun,” ungkapnya.

Sementara untuk wilayah cakupan dari IPA Borongloe tersebut ada beberapa kelurahan di Kecamatan Somba Opu. Diantaranya Kelurahan Samata, Kelurahan Porongloe dan masyarakat yang berada di wilayah Perumahan Royal Spring. (Rhany)

  • Bagikan