0%
logo header
Senin, 04 Juli 2022 18:45

Tergiur Harga Murah, Pedagang Ayam di Pasar Penyembolum Senaken Paser Tertipu Puluhan Juta Rupiah

RM (32) pelaku penipuan terhadap pedagan ayam di Pasar Penyembolum Senaken Paser, diamankan di Polres Paser. (Istimewa)
RM (32) pelaku penipuan terhadap pedagan ayam di Pasar Penyembolum Senaken Paser, diamankan di Polres Paser. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, TANA PASER – Pedagang ayam boiler di Pasar Induk Payambolum Senaken terpaksa harus mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.

Hal itu dialami Syamsul (47), Ia merasa tertipu oleh RM (32) broker ayam asal Banjarbaru Kalimantan Selatan, setelah 800 ekor ayam dipesannya tak kunjung datang sementara uang muka telah dibayarkan.

Kasat Reskrim Polres Paser AKP Supriyadi menyampaikan, peristiwa itu terjadi bermula saat Syamsul didatangi RM menawarkan ayam dengan harga Rp29.500 per kilogram.

Baca Juga : Peringati Harlah PKB Ke-24 di Paser, Santuni Anak Yatim dan Deklarasikan Cak Imin Jadi Calon Presiden di Pemilu 2024

“Tak berfikir panjang, korban tergiur dengan harga murah dan langsung menyetujui,” terangnya, Senin (04/07/2022).

Selang berberapa hari berkomunikasi, RM tidak mau mengantarkan pesanan jika tak ada uang muka (DP) sebagai bukti keseriusan apabila ingin membeli ayam.

Akhirnya pada 7 Juni 2022, Syamsul menuruti perkataan RM dengan mentransfer sejumlah uang senilai Rp15 juta.

Baca Juga : Dicekoki Miras, Anak Dibawah Umur di Paser Diduga Jadi Korban Rudapaksa

“Setelah DP diberikan ayam yang ditunggu-tunggu tak juga datang, akhirnya Syamsul pun melaporkan kejadian yang dialami ke Polres Paser pada 22 Juni 2022,” kata Supriyadi.

Lebih lanjut disampaikan, korban tergiur dengan harga murah sehingga berani memberikan Rp15 juta ke pelaku.

“Pesanannya 800 ekor ayam, dengan total harga Rp37 juta. Sementara uang muka Rp15 juta, apabila sudah sampai di Tanah Grogot langsung dilunasi korban. Tapi ayam yang ditunggu tidak datang-datang,” urainya.

Baca Juga : Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Agung Nurul Falah, Banyak Warga Abadikan Momen Kebersamaan dengan Keluarga

Setelah menerima laporan atas peristiwa tersebut, Polres Paser melakukan penyelidikan dan didapati keberadaan RM di Cempaka Kota, Banjarbaru, Kalimantan Seletan.

“Saat diperiksa. Pelaku mengaku jika menawarkan ayam Rp29.500 per kilogram dan menerima pesanan 800 ekor,” jelas Supriyadi.

Saat korban menanyakan kapan pesanannya akan datang, pelaku beralasan stok ayam kosong dan saat diminta DP dikembalikan pelaku telah menghabiskan uang tersebut.

Baca Juga : Lantaran Depresi, Pria di Paser Nekat Ingin Akhiri Hidup Diduga Persoalan Biduk Rumah Tangga

Dikatakan Supriyadi, RM kesehariannya memang sebagai broker ayam. Jika ada pesanan, pelaku langsung mencari peternak ayam.

“Pelaku hanya mencarikan ayam, karena tak memiliki kandang ayam sendiri,” tandas Kasat Reskrim Polres Paser.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku saat ini telah mendekam di penjara Polres Paser, dijerat dengan perkara penipuan dan penggelapan sesuai pasal 378 dan 372 dengan hukuman maksimal 4 tahun penjara.

Penulis : Johamri
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646