0%
logo header
Kamis, 29 Desember 2022 20:36

TP PKK Gowa Kampanyekan Percepatan Penurunan AKI dan AKB ke Ibu Hamil

Chaerani
Editor : Chaerani
Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Priska Paramita Adnan di sela-sela Kelas Ibu Hamil dalam rangka Percepatan Penurunan AKI, AKB dan Stunting di wilayah Kabupaten Gowa yang berlangsung di Aula RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Ketua TP PKK Kabupaten Gowa Priska Paramita Adnan di sela-sela Kelas Ibu Hamil dalam rangka Percepatan Penurunan AKI, AKB dan Stunting di wilayah Kabupaten Gowa yang berlangsung di Aula RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan stunting menjadi salah fokus program TP PKK Kabupaten Gowa.

Upaya ini pun dilakukan dengan berbagai kegiatan, salah satunya dengan melibatkan pihak-pihak terkait. Misalnya kepada ibu hamil melalui ajang kampanye atau sosialisasi.

Kampanye kepada ibu hamil kali ini dilakukan dalam bentuk Kelas Ibu Hamil dengan melibatkan 40 ibu hamil yang berlangsung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf, Kabupaten Gowa secara tatap muka atau luring, dan secara online dengan melibatkan seluruh ibu hamil yang ada di 167 desa dan kelurahan di Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Tumbuh Positif, Pertumbuhan Ekonomi Gowa 2023 Capai 5,82 Persen

Kampanye Kelas Ibu Hamil ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang obgyn yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Nasruddin.

Ketua TP PKK Gowa Priska Paramita Adnan mengatakan, Kelas Ibu Hamil ini penting untuk terus dilaksanakan setiap tahunnya. Sebab, menjadi salah satu ruang atau wadah pengetahuan bagi ibu hamil dalam menjalani kehamilannya.

“Lewat kelas ini pada ibu hamil bisa bertukar pikiran, dan bertanya banyak hal kepada dokter atau narasumber dalam kelas ini. Tentunya harapannya mereka punya pengetahuan baru dalam menjalani kehamilannya,” katanya di sela-sela kegiatan, kemarin.

Baca Juga : NasDem Sulsel Pastikan Dorong Arham Basmin Maju Bertarung di Pilkada Luwu 2024

Kelas Ibu Hamil ini merupakan kegiatan kolaborasi antara TP PKK Kabupaten Gowa dengan Dinas Kesehatan kabupaten Gowa, dan RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa.

Lewat kelas tersebut juga diharapkan para ibu hamil nantinya bisa melahirkan bayi yang sehat dan bebas stunting. Terutama mampu menekan AKI dan AKB.

“Kelas ini kita laksanakan supaya bayi-bayi yang lahir nanti bisa sehat, bebas stunting karena punya ibu yang cerdas, punya ibu yang mengerti bahwa anak-anak yang lahir harus terawat. Termasuk juga pentingnya pemeriksaan kandungan rutin ke dokter,” terang Priska.

Baca Juga : NasDem Siapkan Fatmawati Rusdi Maju di Pilwalkot Makassar 2024

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa Abdul Haris mengungkapkan, kampanye kesehatan yang dilakukan melalui Kelas Ibu Hamil merupakan salah satu langkah nyata Pemerintah Kabupaten Gowa dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Terutama kesehatan ibu dan anak.

“Dalam pelaksanaannya, kampanye ini bagi ibu-ibu untuk belajar tentang kesehatan terutama kesehatan ibu dan anak. Karena kegiatan ini dilakukan secara bertatap muka langsung dengan tenaga-tenaga kesehatan dan bidang kesehatan ibu dan anak,” katanya.

Ia berharap, dalam pertemuan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dari ibu-ibu terutama pengetahuan tentang kesehatan ibu. Baik bagi ibu hamil dan tentunya pengetahuan tentang perawatan anak bayi baru lahir.

Baca Juga : Libur Nasional, Showroom Kalla Kars Tetap Buka dan Siapkan Program Servis Gratis

“Maka diharapkan juga dalam kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan dan pemahaman ibu-ibu tentang pentingnya menjaga kesehatannya. Pentingnya menjaga kehamilannya, sehingga diharapkan ibu dapat melahirkan dengan selamat dan anak juga dapat lahir dengan sehat,” harapnya.

Sementara, Nasruddin dalam pemaparan materinya mengungkapkan, kehamilan adalah salah satu kondisi yang digunakan untuk menggambarkan periode saat janin berkembang dalam rahim.

“Melalui kampanye ini harapan kita, ibunya hamil sehat dan juga anaknya sehat. Apalagi semua ibu pasti ingin melahirkan anak yang sehat dan cerdas,” ujarnya.

Baca Juga : Libur Nasional, Showroom Kalla Kars Tetap Buka dan Siapkan Program Servis Gratis

dr Nas sapaan akrabnya juga mengatakan, kehamilan itu memang perlu dipersiapkan. Sehingga perlu kesadaran dari ibu hamil untuk
bersikap baik selama hamil. Sebab selain makanan, hal yang mensupport tumbuh kembang anak adalah sifat dan perilaku orang tuanya.

Ia pun menganjurkan agar ibu hamil dapat tetap beraktifitas. Karena selama beraktifitas, maka akan semakin memompa darah ke janin, dan semakin darah terpompa ke janin maka semakin baik buat anak.

“Ibu hamil juga diharuskan berolahraga, jangan hanya berbaring saja, karena semakin beraktivitas dan berolahraga, semakin baik untuk janin. Bahkan sering-seringlah untuk melatih pernapasan,” tutupnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646