0%
logo header
Minggu, 31 Desember 2023 04:41

Warga Binaan Bersama Petugas Rutan Sengkang Panen Sayuran, Hasil Program Budidaya

Chaerani
Editor : Chaerani
Warga binaan Rutan Sengkang saat melakukan Panen dari program Budidaya Kangkung, kemarin. (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)
Warga binaan Rutan Sengkang saat melakukan Panen dari program Budidaya Kangkung, kemarin. (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SENGKANG — Pegawai Rutan Sengkang bersama warga binaan melakukan panen perdana budidaya kangkung yang berada di Pekarangan Blok Hunian Wanita, Rutan Sengkang.

“Hari ini kita memanen sayuran kangkung yang dibudidayakan melalui media pot dari limbah botol bekas oleh warga binaan perempuan,” kata Kasubsi Pelayanan Tahanan, Hasnah, dalam keterangannya, kemarin.

Ia mengatakan, penanaman sayuran kangkung dari pembibitan, perawatan hingga panen dilakukan oleh WBP dengan pendampingan petugas.

Baca Juga : Cikal Bakal Generasi Emas 2045, Ketua DPRD Sulsel Motivasi Siswa SMA Metro School

“Hasil panen ini akan dijual ke mitra sebagai tambahan pasokan bahan makanan di dapur Rutan Sengkang untuk dikonsumsi kembali oleh WBP Rutan Sengkang serta dapat dibeli oleh Pegawai dan masyarakat sekitar,” terangnya.

Hasnah menambahkan, selain sayuran kangkung, kita juga membudidayakan selada dan sayuran sawi.

“Kedepannya kita akan mengembangkan budidaya sayuran melalui media hidroponik di Lahan-lahan kosong baik itu di pekarangan blok hunian maupun area branggang sehingga proses pembinaan kemandirian akan berjalan maksimal,” harapnya.

Baca Juga : Rakorsus Pemkot Makassar Hadirkan Enam Pembicara dari Lima Negara, Bahas Soal Low Carbon City

Sementara itu Kepala Rutan Sengkang, Amir mengapresiasi kinerja rekan rekan petugas yang membantu membimbing Warga Binaan agar produktif selama menjalani pidana di Rutan Sengkang.

Lebih lanjut, kata Amir, kegiatan budidaya sayuran ini juga sebagai bentuk tindak lanjut dari program Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI dalam mendukung program ketahanan pangan Nasional.

Terpisah, Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak juga mengapresiasi panen kangkung yang dilakukan oleh pegawai dan WBP Rutan Sengkang.

Baca Juga : HUT POM AL ke-78, Danny Pomanto Ikut Fun Bike Sejauh 8 Kilometer

“Apresiasi terhadap hasil produksi WBP ini. Mudah-mudahan kegiatan seperti ini dapat terus ditingkatkan di seluruh Lapas dan Rutan se-Sulsel. Dan hasilnya dapat digunakan sebagai bahan makanan bagi WBP yang ada di dalam rutan,” terangnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646