0%
logo header
Senin, 18 Desember 2023 21:40

13 Satuan Kerja Kanwil Kemenkumham Sulsel Berpredikat WBK-WBBM

Chaerani
Editor : Chaerani
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak, di sela-sela menghadiri Refleksi Akhir Tahun dan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Anggaran, Kanwil Kemenkumham Sulsel, di Hotel Claro Makassar, Senin, (18/12/2023). (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)
Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak, di sela-sela menghadiri Refleksi Akhir Tahun dan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Anggaran, Kanwil Kemenkumham Sulsel, di Hotel Claro Makassar, Senin, (18/12/2023). (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Pencapaian hingga prestasi terus diraih jajaran satuan kerja di lingkup Kanwil Kemenkumham Sulsel hingga saat ini.

Salah satunya dari 35 satuan kerja yang ada, sebanyak 13 satuan kerja berhasil meraih predikat birokrasi terbaik. Antara lain 12 satuan kerja berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), dan 1 satuan kerja berpredikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Adapun satuan kerja dengan predikat WBK di antaranya, Lapas Bulukumba, Lapas Palopo, Lapas Parepare, Rutan Barru, Rutan Bantaeng, dan Rutan Sengkang.

Baca Juga : Gandeng Media, Bawaslu Sulsel Perkuat Kinerja Kehumasan Jelang Pilkada Serentak 2024

“Di tahun ini ada enam satuan kerja memperoleh predikat WBK. Sehingga dari 35 satuan kerja yang ada terdapat 12 satuan kerja memperoleh WBK, dan satu satuan kerja memperoleh WBBM,” kata Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak, di sela-sela Refleksi Akhir Tahun dan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Anggaran, Kanwil Kemenkumham Sulsel, di Hotel Claro Makassar, Senin, (18/12/2023).

Selain banyaknya satuan kerja yang telah berpredikat, pencapaian lainnya yang berhasil diraih yakni berhasil mengantongi nilai Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) pada 42 satuan kerja sebesar 98,50 persen, dan nilai SMART sebesar 83,73 persen. Nilai ini sebagaimana tercatat pada Online Monitoring Sistem Perbendaharaan Akuntansi Negara (OMSPAN) dan SMART per 18 Desember 2023.

Kemudian, berhasil menerima penghargaan sebagai Kanwil Terbaik I Kinerja Anggaran Semester I 2023, Kanwil Terbaik II Pengamanan BMN 2023, dan Kanwil Terbaik I Dalam Kinerja Program KI Tahun 2023. Selanjutnya, Memacu Permohonan KI Barru di MPP Terbanyak Dalam MIC 2023, dan Satker Pelayanan Publik Berbasis HAM bersama 16 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lainnya.

Baca Juga : Surya Paloh Imbau Kader NasDem Solid Menangkan Duet ASS-Fatma di Pilgub Sulsel 2024

“Keberhasilan atas pencapaian tersebut tidak terlepas dari implementasi kepemimpinan kolektif kolegial yang dijalankan oleh para pimpinan tinggi untuk berkolaborasi dan bersinergi secara bersama-sama, demi mewujudkan kanwil yang lebih baik ke depannya,” tegasnya.

Pada pencapaian lainnya disebutkan Liberti, antara lain, Mendorong Sebagian Besar Kabupaten dan Kota Peduli HAM, Kanwil Terbaik III Penyusunan Evaluasi Kebijakan 2023, Kanwil Terbaik I Permohonan KI Wilayah Indonesia Tengah 2023, dan Kanwil Terbaik I Pelaksanaan Program One Village One Brand KI 2023.

Selanjutnya, Kanwil Terbaik I Penyelenggara IPK-IKM Tahun 2023, IKPA Terbaik Semester I 2023, dan Peringkat III LPJ Bendahara Terbaik Semester I 2023.

Baca Juga : Lewat CSR Penanaman Mangrove di Berbagai Daerah, Yamaha Indonesia Upayakan Reduksi Emisi Karbon

“Disamping itu, setiap pegawai memiliki sense of belonging serta mengimplementasikan core value BerAKHLAK dan Tata Nilai PASTI dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” katanya.

Kedepan, untuk meningkatkan kinerja pada 2024 mendatang, pihaknya menyiapkan langkah strategis atau yang masuk dalam skala prioritas. Mulai dari menetapkan skala prioritas pelaksanaan kegiatan dan anggaran, pelaksanaan kegiatan sesuai dengan Rencana Penarikan Dana yang disusun pada awal tahun.

“Termasuk melakukan monitoring dan evaluasisecara melekat dan berkala kepada UPT maupun bagian bidang. Termasuk, akuntabilitas keuangan yaitu pemantauan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan anggaran seluruh UPT dan DIPA Kanwil oleh Tim Akuntabilitas,” terangnya.

Baca Juga : Penguatan Produk Hukum Daerah, Bapemperda DPRD Sulsel Hadiri Rakornas di Kaltim

Sementara, Kepala Bagian Program dan Humas, Kanwil Kemenkumham Sulsel Khomaini mengatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai bahan evaluasi tugas dan fungsi pelaksanaan selama 2023, serta pelaksanaan anggaran di 2024.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kinerja pada seluruh satker Kanwil Kemenkumham Sulsel di tahun mendatang,” harapnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan pengawas, seluruh Kepala UPT se-Sulsel, dan para peserta dari 34 UPT Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646