0%
logo header
Rabu, 27 Maret 2024 21:27

3.192 Usulan di Musrenbang 2025, Wabup Gowa: Prioritaskan yang Tepat dan Strategis

Chaerani
Editor : Chaerani
Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni saat memberikan arahan di sela-sela Musrenbang RKPD Kabupaten Gowa, di Baruga Tinggimae, Kompleks Rumah Jabatan Bupati Gowa, Rabu (27/03/2024). (Dok. Humas Gowa)
Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni saat memberikan arahan di sela-sela Musrenbang RKPD Kabupaten Gowa, di Baruga Tinggimae, Kompleks Rumah Jabatan Bupati Gowa, Rabu (27/03/2024). (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Dalam rencana pembangunan di 2025 mendatang, Pemerintah Kabupaten Gowa menerima 3.192 usulan kegiatan untuk didanai melalui APBD Kabupaten Gowa.

Usulan tersebut berdasarkan data terakhir atau periode 18 Maret 2024 melalui aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) RI. Total usulan tersebut terdiri dari 2.973 usulan dari masyarakat desa dan kelurahan, dan 219 usulan yang merupakan pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Gowa.

Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni mengatakan, usulan-usulan yang ada untuk perencanaan pembangunan daerah di 2025 mendatang pun harus yang tepat dan strategis. Termasuk pula adaptif dengan melihat perkembangan situasi yang ada.

Baca Juga : Demi Gaya Hidup Sehat, Herbathos Kenalkan Produk Herbal di Acara F8 Makassar

“Apa yang kita kerjakan tahun ini akan memberi pondasi bagi tahun yang akan datang. Untuk itu, langkah tepat yang harus ditempuh demi menghasilkan perencanaan yang baik adalah dengan senantiasa melakukan penyempurnaan pada mekanisme dan tahapan perencanaan, serta senantiasa melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam perumusan substansi,” katanya di sela-sela Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Gowa, di Baruga Tinggimae, Kompleks Rumah Jabatan Bupati Gowa, Rabu (27/03/2024).

Lanjutnya, di 2025 nanti menjadi tahun ke empat bagi pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gowa periode 2021-2026. Dengan visi terwujudnya masyarakat unggul dan tangguh dengan tata kelola pemerintahan terbaik, di harapkan penyusunan rencana kerja pemerintah lebih terintegratif dan mampu menjawab permasalahan, serta tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat secara tepat dan strategis.

“Melalui forum ini saya harapkan dapat menghimpun aspirasi masyarakat terhadap prioritas sasaran dan program pembangunan daerah. Sehingga nantinya dapat diperoleh komitmen dari para pemangku kepentingan pembangunan,” harapnya.

Baca Juga : Pemkab Gowa Susun SOP Layanan Pencegahan Perkawinan Anak

Selain itu, momentum ini menjadi momen yang sangat berharga dalam merumuskan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Gowa di masa mendatang. Termasuk berfokus pada tema pembangunan Kabupaten Gowa di 2025 yakni “Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat yang Produktif dan Berkarakter”.

“Kabupaten Gowa dengan segala potensinya memiliki peluang besar menjadi daerah yang berdaya saing tinggi dan masyarakatnya yang sejahtera. Meski begitu hal ini tidaklah mudah, ini membutuhkan kerja keras, kesungguhan dan kerjasama yang solid dari semua pihak yang terlibat,” tambahnya.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa Sujjadan menyampaikan, musrenbang yang dilaksanakan ini merupakan acara puncak dari rangkaian Forum Penyusunan RKPD 2025 yang dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan.

Baca Juga : Bawaslu Sulsel Temukan Puluhan Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN, Pinrang Terbanyak

Tujuan pelaksanaan ini adalah untuk menyepakati usulan program dan kegiatan prioritas perangkat daerah Kabupaten Gowa di periode 2025.

“Menyepakati usulan program dan kegiatan prioritas pembangunan pemerintah daerah yang disinkronkan dengan arah kebijakan prioritas, sasaran pembangunan, dan kegiatan strategis provinsi dan nasional serta menjaring masukan terhadap penyempurnaan dokumen rancangan untuk penyusunan rancangan akhir RKPD Kabupaten Gowa 2025,” jelasnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646