54 Penjabat Kades di Sinjai Dibekali Wawasan Penyelenggaraan Pemerintahan

  • Bagikan
Sejumlah Penjabat Kepala Desa di Sinjai mengikuti pembekalan, Selasa (09/11/2021).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SINJAI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sinjai menggelar pembekalan bagi 54 penjabat Kepala Desa. Pembekalan ini dilakukan guna memperkuat wawasan dan memantapkan penyelenggaraan pemerintahan serta pembangunan desa.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Sinjai, Akbar yang didampingi oleh Inspektur Inspektorat Daerah Sinjai Andi Adeha Syamsuri dan Kepala Bidang Pemerintahan Desa (DPMD) Sinjai Abdul Halik di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai.

Kabid Pemerintahan Desa Dinas PMD Sinjai Abdul Halik, mengatakan bahwa pembekalan ini sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas tugas dan fungsi bagi penjabat Kepala Desa dalam pengelolaan pemerintahan di desa.

“Jadi pembekalan ini berlangsung sehari dengan materi yang akan disampaikan dari Inspektorat Kabupaten dan juga dari Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur (BKPSDMA) Sinjai,” ucapnya, Selasa (09/11/2021).

Sementara itu, Sekda Sinjai, Akbar dalam arahannnya menyampaikan terkait dengan wewenang, tugas, kewajiban serta hak dari Penjabat Kepala Desa. Hal ini menurutnya penting agar dalam pelaksanaan pemerintahan di desa tetap berada pada koridor yang sesuai aturan.

“Ini penting dipahami oleh para Penjabat Kepala Desa sebab mereka adalah merupakan ASN yang berasal dari Pemerintah Kecamatan maupun dari OPD sehingga mampu memahami apa yang menjadi tupoksinya dan seperti harapan dari bapak Bupati Sinjai agar pelayanan kepada masyarakat tetap menjadi hal yang utama,” ungkapnya.

Apalagi kata Akbar, saat ini desa yang sudah memasuki tahapan Pilkades, Penjabat Kepala Desa hendaknya mampu memposisikan diri untuk selalu berada ditengah masyarakat dalam mengantisipasi sejak dini kemungkinan permasalahan yang muncul.

“Penjabat Kepala Desa harus melakukan pemantauan, banyak mendengar, melihat dan terlibat langsung dalam menyelesaikan masalah di desa. Kita harap mereka bisa menjaga kondusivitas wilayahnya masing-masing sehingga tercipta rasa aman dan pilkades tercapai dengan baik,” kuncinya. (Asrianto)

  • Bagikan