0%
logo header
Minggu, 30 Oktober 2022 17:36

Air Bersih dari PLN Untuk Warga Mabholu Kabupaten Muna

Asril Astian
Editor : Asril Astian
PT PLN (Persero) melalui UIP Sulawesi menyediakan kebutuhan air bersih bagi masyarakat Desa Mabholu, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara. (Dok. PLN UIP Sulawesi)
PT PLN (Persero) melalui UIP Sulawesi menyediakan kebutuhan air bersih bagi masyarakat Desa Mabholu, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara. (Dok. PLN UIP Sulawesi)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MUNA — Air bersih menjadi kebutuhan penting masyarakat dalam kehidupan. Tidak sedikit daerah kesulitan mendapatkan sumber air bersih, salah satunya bagi masyarakat Desa Mabholu, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dengan penantian panjang mendapatkan sumber air bersih, kini masyarakat Desa Mabholu dapat menikmati air bersih. Penantian air bersih ini diwujudkan PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi pada program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Senior Manager Perizinan Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP Sulawesi Nur Akhsin mengatakan, bantuan air bersih ini untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan pada sektor lingkungan hidup. Pada bantuan ini PLN UIP Sulawesi melalui PLN UPP Sultra menggandeng Komunitas Wuna Kreatif dalam menyalurkan bantuan air bersih kepada 25 KK yang ada di Desa Mabholu.

Baca Juga : 1,47 Juta Pohon dari PLN, Untuk Membangun Harapan Masa Depan

“Menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan bagi semua adalah bagian dari program TJSL yang komitmen PLN lakukan,” katanya dalam keterangannya, Minggu (30/10/2022).

Ia mengungkapkan, PLN senantiasa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat di sekitar Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK) melalui kegiatan TJSL tersebut.

“Tentunya melalui kegiatan TJSL, PLN terus memberikan dampak positif bagi masyarakat yang ada di sekitar PIK dalam hal ini masyarakat yang ada di sekitar pembangunan SUTT 150 kV Raha – Baubau yang merupakan jaringan transmisi 150kV antar pulau pertama yang ada di Sulawesi,” katanya.

Baca Juga : PLN Journalist Award 2022, Angkat Isu Energi Kelistrikan Ramah Lingkungan

Ia mengungkapkan, untuk masyarakat penerima bantuan air bersih tersebut adalah masyarakat yang ada di sekitar pembangunan jaringan transmisi SUTT 150 kV Raha – Baubau yang saat ini sedang berjalan.

Sementara, Laode Hataludin salah satu penerima bantuan mengatakan, selama ini di desa mereka memang kekurangan akan pasokan air bersih. Sehingga, dengan kehadiran ketersediaan air bersih ini sangat dinantikan sebab menjadi kebutuhan yang penting.

“Selama ini desa kami kekurangan air bersih, dulunya pada setiap musim kering masyarakat sampai rela mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah hanya untuk membeli air tangki, drum maupun jerigen.” ujarnya

Baca Juga : Cabor Dayung Muna Kembali Meraih Medali Emas Di Porprov Buton

Ia menambahkan, keluhan masyarakat Desa Mabholu terkait kekurangan air akhirnya bisa terjawab dengan adanya bantuan dari PLN ini.

“Kami berterima kasih kepada PLN atas bantuan air bersih yang diberikan berupa pemasangan air gratis. Tentunya masyarakat sangat terbantu karena selain menikmati air bersih, bantuan ini juga mengurangi pengeluaran masyarakat untuk membeli air,” terangnya.

Wakil Bupati Muna Bachrun Labuta menyampaikan terima kasihnya kepada PLN atas bantuan air bersih yang diberikan kepada masyarakat.

Baca Juga : PLN Bangun Jaringan Transmisi 150 kV di Pulau Muna, Pertama dan Tertinggi di Sulawesi

“Saya mewakili pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada PLN atas bantuannya, kami harap kedepannya pelayanan kelistrikan di Pulau Muna bisa lebih baik lagi,” katanya singkat. (*)

Penulis : Chaerani
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646