0%
logo header
Minggu, 12 November 2017 18:53

Aliyah Mustika Harap Mahasiswa Bantu Sosialisasikan Program KB

Aliyah Mustika Harap Mahasiswa Bantu Sosialisasikan Program KB

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Aliyah Mustika Ilham, berharap dukungan mahasiswa dalam membantu Pemerintah dalam mensosialisasikan program Keluarga Berencana (KB).

Hal tersebut diungkapkan Aliyah dalam sambutannya pada acara sosialisasi program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di halaman kampus Yayasan Pendidikan Makassar (YAPMA), Jl. Maccini Raya, Minggu (12/11/17).

Menurut Aliyah, mahasiswa memiliki peran penting di areal kampus maupun di lingkungan masyarakat sekitarnya. Mahasiswa diharapkan pula mampu menyumbangkan pengetahuannya kepada masyarakat.

Baca Juga : Duta GenRe Parepare Sabet Juara Ditingkat Provinsi, Melaju ke Kompetisi Nasional

Sebab masyarakat berparadigma bahwa mahasiswa adalah cerminan masyarakat di masa depan yang memiliki nilai pendidikan yang lebih dan berpengetahuan luas.

“Program pemerintah dikatakan berhasil jika mampu melahirkan partisipasi masyarakat, begitupun program KB butuh dukungan mahasiswa termasuk mensosialisasikannya,” ujarnya.

Lebih lanjut legislator komisi IX yang membidangi kesehatan ini menjelaskan usia ideal menikah yang dianjurkan BKKBN adalah di atas 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi lelaki. Menikah usia dibawah 19 tahun berisiko meninggal saat hamil atau melahirkan.

Baca Juga : Indah Putri Indriani Kembali Launching 60 Desa/Kelurahan KB Di Luwu Utara

“Selain itu, pada psikologis remaja belum sepenuhnya mampu mengontrol emosi, jangan sampai terjadi KDRT,” ujarnya.

Direktur Kesehatan Reproduksi BKKBN Pusat, Dra. Maryana MM, mengungkapkan alasan terlaksananya program sosialisasi KKBPK atas dukungan komisi IX.

Misi program KKBPK melakukan pembangunan keluarga dengan ekonomi produktif dan pelaksanaan fungsi keluarga.

Baca Juga : Sosialisasi Germas Bersama Anggota DPR RI, Ini yang Disampaikan Bupati Soppeng

“Kita dapat berkumpul disini itu karena perjuangan ibu Aliyah, perjuangan untuk membangun keluarga berkualitas dan terencana,” ungkapnya.

Sementara itu, Pengelola Yapma, Suarni M.Kes, menyambut baik kedatangan Aliyah. Menurutnya sangat sedikit anggota DPR RI yang mau masuk kampus dan membawa program.

“Selaku tuan rumah kami bangga kampus kami dikunjungi legislator pusat apalagi datang kesini memberi manfaat,” ujarnya.

Baca Juga : Bantuan Mukena Aliyah Mustika Disambut Haru Warga Binaan Lapas Perempuan Sungguminasa

Hadir pula dalam sosialisasi tersebut Kepala Balai Diklat BKKBN Sulsel, Eddy Muin dan sejumlah tokoh masyarakat.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646