0%
logo header
Kamis, 04 Juli 2024 16:22

AMCO: Penguatan Kelembagaan KPPU Perlu Dukungan Kenaikan Anggaran

Chaerani
Editor : Chaerani
Jajaran pengurus AMCO dan Anggota KPPU RI saat melakukan pertemuan, di Kantor KPPU RI, kemarin. (Dok. Humas KPPU)
Jajaran pengurus AMCO dan Anggota KPPU RI saat melakukan pertemuan, di Kantor KPPU RI, kemarin. (Dok. Humas KPPU)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAKARTA — Ketua Umum Anti Monopoly & Competition Law Consultant Association (AMCO), M. Rifqinizami Karsayuda mengaku, dukungan kenaikan anggaran diperlukan dalam memperkuat kelembagaan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Olehnya melalui revisi atas Undang-Undang No. 5 Tahun 1999 dan kenaikan anggaran bagi KPPU perlu mendapatkan dukungan penuh.

Rifqi mengungkapkan, dukungannya tersebut untuk membantu KPPU dalam proses transformasi kelembagaan dan diseminasi prinsip-prinsip persaingan usaha kepada stakeholder. AMCO juga berkomitmen untuk terus melakukan koordinasi aktif dengan KPPU dalam memajukan pelaksanaan hukum persaingan di Indonesia.

Baca Juga : 67.827 Anak di Kabupaten Gowa Wajib Imunisasi Polio

“Hukum persaingan usaha adalah bagian dari menghadirkan keadilan hukum dan ekonomi di negara kita. Jadi kami mendukung upaya penguatan kelembagaan KPPU dengan meminta kepada pemerintah dan DPR RI untuk segera melakukan revisi atas Undang-Undang No. 5 Tahun 1999 dan mendukung kenaikan anggaran bagi KPPU,” terangnya di sela-sela pertemuan bersama Ketua KPPU, M. Fanshurullah Asa, di Kantor Pusat KPPU, kemarin.

Sekadar diketahui, AMCO merupakan organisasi advokat hukum persaingan usaha yang relatif baru di Indonesia dan bergerak di bidang pendidikan/pengajaran, penelitian/kajian, publikasi, pengabdian masyarakat, kerja sama atau kolaborasi antar institusi pelatihan, pendampingan, diskusi dan temu ilmiah, serta pengembangan kepakaran untuk isu-isu hukum persaingan usaha. AMCO berkomitmen untuk menghadirkan para Advokat yang profesional dan berintegritas dalam menangani perkara-perkara persaingan usaha di Indonesia.

Sementara, Ketua KPPU M Fanshurullah Asa menyambut baik adanya komitmen tersebut dan menyampaikan apresiasinya kepada AMCO sebagai salah satu mitra strategis yang menaruh perhatian terhadap dad hukum persaingan usaha dan pentingnya perkuatan kelembagaan KPPU.

Baca Juga : Uji Kelayakan di PKS, IAS Singgung soal Isu Kotak Kosong dan Dampaknya untuk Sulsel

Dengan kehadiran AMCO, serta organisasi lain yang sudah ada seperti Indonesian Competition Lawyers Association (ICLA) dan Fair Competition Network (FCN), diharapkan terjadi kolaborasi bagi penguatan ekosistem persaingan usaha di Indonesia.

“Kami (KPPU) berharap kehadiran AMCO dalam dunia hukum persaingan usaha dapat melengkapi dan memperkuat ekosistem yang sudah ada. Sehingga dapat membawa dampak positif bagi akselerasi iklim persaingan usaha yang lebih baik di Indonesia,” ucap Ifan, panggilan akrab Ketua KPPU.

Sebagai informasi, turut hadir dalam dialog tersebut, Wakil Ketua KPPU Aru Armando, Anggota KPPU Hilman Pujana dan Mohammad Reza, beserta Sekretaris Jenderal AMCO M. Imam Nasef, Ketua Bidang Advokasi Gilang Dhielafararez yang juga Anggota DPR RI, dan sejumlah pengurus yang merupakan Advokat yang sangat perhatian bagi hukum persaingan usaha Indonesia.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646