0%
logo header
Minggu, 26 Juni 2022 21:31

Bamboo Rafting Jadi Penutup Festival Loksado 2022, Gubernur Kalsel Sebut Salah Satu Geosite Geopark Meratus

Peserta Festival Loksado 2022 tengah bermain Bamboo Rafting di Sungai Amandit, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. (Istimewa)
Peserta Festival Loksado 2022 tengah bermain Bamboo Rafting di Sungai Amandit, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BANJARMASIN — Festival Loksado Tahun 2022 dilaksanakan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) di Wisma Alam Roh 7, Desa Lok Lahung, Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan,Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

Kegiatan berlangsung meriah yang diramaikan oleh 35 tim, dan sebagian mereka unjuk kebolehan saat memainkan Bamboo Rafting.

Para peserta Bamboo Rafting mengawali Start di Wisma Alam Roh 7 dan Finish di Desa Ni’ih. Sebelumnya, rangkaian kegiatan diisi oleh penanaman pohon saat tiba di Air Terjun Haratai. Kemudian, suasana diisi dengan musik dan permainan Tradisional, yaitu Menyumpit, Batungkau dan Kurung-kurung. Tariat adat khas Dayak turut menghiasi kegiatan Festival Loksado 2022 tersebut.

Baca Juga : Kunjungan ke Nagara, Kepala BKKBN Kalsel Cegah Stunting dan Berikan Bantuan Untuk TRD

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, menyebut kawasan Loksado adalah salah satu Geosite Geopark Meratus yang menyimpan banyak keindahan alamnya.

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendukung sepenuhnya Festival Loksado 2022 ini,” ucapnya kepada Republiknews.co.id.

Melalui Direktur Event Daerah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Reza Fahlevi menyampaikan bahwa pemerintah pusat berkomitmen untuk terus mendukung dan mengembangkan wisata di kawasan Loksado ini.

Baca Juga : Gubernur Kalsel Ungkap Rahasia Andi Amran Sulaiman Mampu Wujudkan Indonesia Lumbung Pangan Dunia

“Kita akan terus mensupport kegiatan yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini, dan membangkitkan ekonomi di Bumi Antaludin,” ungkap Reza.

Menurutnya, tidak mudah bisa masuk dalam Kharisma Event Nusantara Tahun 2022. Apalagi, kata dia, ada ratusan event yang mengikuti seleksi dan Festival Loksado termasuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN).

“Tentunya ini tidak mudah ada ratusan even yang mengikuti seleksi,dan hanya 110 yang masuk KEN, salah satunya Festival Loksado. Ini berkat kerja keras dari semua pihak,” katanya.

Baca Juga : Perubahan Status, Paman Birin Resmikan Universitas Borneo Lestari

Sementara itu, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Achmad Fikry memohon dukungan Pemerintah Pusat dan Gubernur Kalsel agar wilayah Loksado semakin dikenal wisatawan.

“Saya berharap kegiatan ini meningkatkan kunjungan wisatawan, serta memberdayakan potensi lokal, dan memberikan dampak positif terhadap ekonomi,” tandasnya.

Penulis : Rahim Arza
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646