0%
logo header
Rabu, 10 Juli 2024 11:49

Bantu Alat Tani, PLN Komitmen Kembangkan Pertanian di Kolaka

Chaerani
Editor : Chaerani
PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi melalui UPP Sultra menyerahkan lima unit traktor kepada Kelompok Tani Mekongga dalam rangka mendukung pengembangan pertanian di wilayah Kecamatan Baula, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. (Dok. Humas PLN UIP Sulawesi)
PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi melalui UPP Sultra menyerahkan lima unit traktor kepada Kelompok Tani Mekongga dalam rangka mendukung pengembangan pertanian di wilayah Kecamatan Baula, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. (Dok. Humas PLN UIP Sulawesi)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KOLAKA — PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi melalui Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Tenggara (UPP Sultra) terus berkomitmen dalam mendukung sektor pertanian daerah. Salah satunya di wilayah Kecamatan Baula, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Dukungan ini pun diimplementasikan dengan menyerahkan lima unit Hand Rotary Tractor kepada Kelompok Tani Mekongga. Penyerahan traktor pertanian diserahkan Assistant Manager Perizinan dan Umum UPP Sultra, Yanuar Habib kepada Syamsul Rijal sebagai Ketua Kelompok Tani Mekongga.

Yanuar Habib berharap agar traktor yang diterima dapat dipergunakan dan dirawat dengan baik supaya pengolahan sawah lebih efisien dan efektif sehingga mampu meningkatkan usaha dan pendapatan para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Mekongga.

Baca Juga : Dukungan PKB Menguat, Indira Buka Peluang Berpaket dengan Azhar

“Selain itu traktor juga dapat dipergunakan atau disewakan kepada kelompok lain yang membutuhkan nantinya uang sewa yang dihasilkan bisa dipergunakan untuk kegiatan usaha kelompok tani” ujarnya, usai menyerahkan secara simbolis, di dBalai Desa Puuroda, Kecamatan Baula, Kabupaten Kolaka, kemarin.

Dalam kesempatan tersebut hadir Camat Wundulako dan Baula serta Lurah 19 November, Kepala Desa Sabiano, Kepala Desa Towua, dan Kepala Desa Puuroda.

Yanuar menambahkan, penyerahan Hand Rotary Tractor ini merupakan bentuk komitmen PLN UIP Sulawesi dalam melaksanakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) pada setiap kegiatan usahanya.

Baca Juga : Miliki Toyota Rush Imipian, Ada Cicilan Tanpa Bunga Hingga Diskon Tukar Tambah

Lanjutnya, saat ini PLN sedang membangun Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV Kolaka – Pomalaa – Pelanggan PT Antam dan GI 150 kV Kolaka Extension. Utuk itu PLN senantiasa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat yang ada di sekitar lokasi pembangunan melalui program PLN Peduli.

Dalam sambutannya, Syamsul Rijal selaku Ketua Kelompok Tani Mekongga menyampaikan terima kasih kepada PLN UIP Sulawesi atas bantuan traktornya guna meningkatkan usaha pertanian di Kecamatan Wundulako, Baula dan Pomalaa.

“Dengan adanya bantuan traktor dari PLN kami bisa menghemat pengeluaran untuk sewa traktor karena sebelumnya kami harus menyewa traktor untuk mempercepat proses panen padi. Tentu adanya bantuan ini akan sangat membantu meringankan beban pengeluaran kami para petani,” ungkap Syamsul.

Baca Juga : Menpan RB Terima Gelar Adat Daeng Tojeng di Musuem Balla Lompoa

Di tempat yang sama Camat Wundulako Musdar berpesan agar masyarakat selalu mendukung kelancaran pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan oleh PLN UIP Sulawesi agar pembangunan SUTT cepat selesai dan segera memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Saya mewakili warga Kecamatan Wundulako dan pemerintah setempat sangat mengapresiasi bantuan TJSL yang diberikan serta kinerja PLN dalam melaksanakan pembangunan proyek infrastruktur ketenagalistrikan. Kami senantiasa akan mendukung proses pembangunan SUTT yang sedang dijalankan PLN agar dapat berjalan dengan lancar,” tutupnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646