0%
logo header
Sabtu, 06 April 2024 04:55

Bawaslu Bulukumba Apresiasi Peran Media Dalam Tahapan Pemilu 2024

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Komisioner Bawaslu Bulukumba, Awaluddin saat memaparkan hasil penetapan Pemilu 2024, Jumat (05/03/2024).
Komisioner Bawaslu Bulukumba, Awaluddin saat memaparkan hasil penetapan Pemilu 2024, Jumat (05/03/2024).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BULUKUMBA — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bulukumba mengapresiasi peranan media dalam menyampaikan informasi ke masyarakat selama tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 di kabupaten Bulukumba.

Bawaslu Bulukumba memastikan pemberian informasi secara masif terhadap setiap tahapan pesta demokrasi kepada masyarakat secara kredibel oleh media massa, menjadi salah satu faktor kesuksesan pelaksanaan penyelenggaraan pemilu khususnya di Bulukumba.

Hal tersebut disampaikan Anggota Bawaslu Bulukumba, Awaluddin dalam acara Fasilitasi Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Penetapan Hasil Pemilu di RM HDR Bulukumba, Jumat (05/04/2024).

Baca Juga : Prioritaskan Kader di Pilkada Bulukumba, PKS Sulsel Dukung Penuh Isnayani

Awaluddin menyebut, media massa sangat berperan penting dalam mengabarkan dan menyiarkan perkembangan tahapan pemilihan umum (pemilu) hingga seluruh proses pemilu dilaksanakan.

“Semua tahapan pemilu hampir selesai, tersisa beberapa yang berproses di Mahkamah Konstitusi. Media sebagai pilar demokrasi telah menjadi mitra kerja dengan penyelenggara pemilu, khususnya Bawaslu demi kesuksesan pemilu dan pilkada mendatang,” urainya.

Hal yang sama juga disampaikan Pegiat Pemilu HL. Arumahi. Dia mengapresiasi media yang menjadi mitra strategis dalam menyukseskan pemilu. Peran media, menurutnya, dapat dilihat dalam memberikan informasi yang objektif.

Baca Juga : Pemkab Bulukumba Beberkan Keberhasilan Program 1000 Rumpon

Seperti dalam hal memantau pelaksanaan pemilu, media setidaknya sudah berperan aktif mengawasi pelaksanaan pemilu melalui pemberitaannya. Termasuk penegak keadilan jika terjadi pelanggaran dan kecurangan melalui pemberitaannya, menghadirkan diskusi politik, hingga mendorong partisipasi aktif pemilih menggunakan hak pilih.

“Pemilu telah berlangsung aman, damai dan kondusif. Terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah membantu menyukseskan pemilu. Menyongsong pilkada serentak 2024, kita berharap juga dapat sukses dan kondusif,” pintanya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646