0%
logo header
Selasa, 28 November 2023 15:13

Bawaslu Sinjai Bakal Sapu Bersih APK Peserta Pemilu

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Deretan Alat Peraga Kampanye Peserta Pemilu 2024 yang Terpasang di Dekat Tugu Bambu Kecamatan Sinjai Utara. (Foto: Asrianto / Republiknews.co.id)
Deretan Alat Peraga Kampanye Peserta Pemilu 2024 yang Terpasang di Dekat Tugu Bambu Kecamatan Sinjai Utara. (Foto: Asrianto / Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.iD, SINJAI — Ratusan
Alat Peraga Kampanye (APK) peserta Pemilu 2024 yang berada diluar zona kampanye bakal ditertibkan dan dibersihkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sinjai. Penertiban rencananya akan dilaksanakan pekan ini.

“Insya Allah, kita agendakan untuk turun melakukan penertiban dan pembersihan APK peserta pemilu di 9 Kecamatan (Kamis, 30/11/2023),” ujar Ketua Bawaslu Sinjai, Muhammad Arsal kepada wartawan, Selasa (28/11/2023).

Namun sebelum itu dilakukan, pihaknya akan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) hari ini bersama Polres, Satpol-PP, Dinas Perhubungan, dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK).

Baca Juga : Penyuluh dan Petani di Sinjai Belajar Budidaya Cabe, Pj Bupati Minta Action

“Rapat koordinasi hari ini tentunya akan membahas penertiban dan larangan yang tidak boleh dilakukan peserta pemilu. Termasuk, aturan lokasi zona kampanye yang harus dilakukan peserta pemilu,” bebernya.

Yang pastinya, kata Arsal diluar zona kampanye yang menganggu ketertiban umum dan bahayakan pengendara jalan akan kita tertibkan. Hal tersebut berdasarkan PKPU nomor 15 tahun 2023 tentang pemasangan alat peraga di wilayah pribadi.

“Meski pemasangan APK berada di wilayah pribadi namun tidak memiliki izin tertulis dari pemilik lahan tetap akan kita bersihkan,” pungkasnya.

Baca Juga : Ratusan Polisi Siap Amankan Proses Rekapitulasi Suara di KPU Sinjai

Sementara itu, Ketua KPU Sinjai, Muhammad Rusmin mengatakan telah melakukan sosialisasi tentang zona kampanye yang diperbolehkan oleh peserta pemilu 2024.

“Penetapan zona pemasangan APK juga telah kami sampaikan kepada Partai Politik untuk 9 Kecamatan di Sinjai,” pungkasnya. (*)

Penulis : Asrianto
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646