0%
logo header
Jumat, 05 Januari 2024 23:51

Danrem 141 Toddopuli dan Huadi Group Gagas Slag Disulap Jadi Bahan Bangunan

Redaksi
Editor : Redaksi
Danrem 141 Toddopuli bersama Dandim Bantaeng dan Dandim Sinjai bekerja sama dengan Huadi Group menggagas inovasi slag disulap menjadi bahan bangunan. (Foto: Istimewa)
Danrem 141 Toddopuli bersama Dandim Bantaeng dan Dandim Sinjai bekerja sama dengan Huadi Group menggagas inovasi slag disulap menjadi bahan bangunan. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BANTAENG – Komandan Resor Militer (Danrem) 141 Toddopuli bersama Dandim Bantaeng dan Dandim Sinjai menawarkan slag sebagai upaya baru untuk menghidupkan ekonomi masyarakat Kabupaten Bantaeng. Caranya dengan menyulap slag menjadi bahan bangunan berupa paving blok dan batako.

Hal tersebut dicetuskan dalam pertemuan Danrem 141 Toddopuli, Kodim Bantaeng, Kodim Sinjai dan Huadi Group di Kabupaten Bantaeng, Jumat (5/1/2024).

Slag atau terak merupakan produk sampingan atau ampas menyerupai batu kaca yang tersisa setelah logam yang diinginkan telah dipisah dari bijih bahan baku logam tersebut. Slag ini biasanya terdiri dari campuran logam oksida dan silikon dioksida.

Baca Juga : Ketua DPRD Sulsel Ikut Sambut Kedatangan Presiden Joko Widodo di Makassar

Komandan Resor Militer (Danrem) 141 Toddopuli, Brigjen TNI Sugeng Hartono berharap, pertemuan tersebut dapat membantu masyarakat sekitar menciptakan ekonomi baru lewat pemanfaatan slag menjadi paving blok dan batako.

“Saya berharap bahwa hajatan kita berkelanjutan karena ini untuk kesejahteraan masyarakat dalam bentuk pemberdayaan,” harap Sugeng Hartono.

Untuk itu, ia meminta kepada Kodim Bantaeng maupun Kodim Sinjai dapat membantu melakukan pembinaan kepada masyarakat agar memiliki pendapatan tambahan dari hasil paving blok dan batako tersebut.

Baca Juga : AHY Resmi Dilantik Jadi Menteri ATR/BPN, Ketua Demokrat Sulsel Ngaku Surprise

“Diharapkan dari TNI ada beberapa Kodim akan membantu melakukan pemanfaatan slag dengan membuat paving blok serta batako,” lanjutnya.

Ditempat yang sama, Perangkat Desa Papanloe, Kecamatan Pajukukang, Bantaeng, Irwan menyampaikan apresiasinya kepada pihak Danrem 141 Toddopuli dan Huadi Group yang menggagas usaha baru untuk peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Bantaeng, khususnya di Desa Papanloe tersebut.

“Kami dari pemerintah dan masyarakat Desa Papanloe sangat mengapresiasi dan menyambut baik inisiatif Danrem 141 Toddopuli dan Huadi Group dalam mengembangkan usaha batu bata di desa ini,” kata Irwan.

Baca Juga : Tindaklanjuti Keluhan Warga Bira, Komisi C DPRD Makassar Gelar RDP Bersama PT Ale Bata Ringan

Sementara itu, perwakilan Huadi Group, Nugraha Arifin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danrem 141 Toddopuli, Dandim Bantaeng, Dandim Sinjai dan seluruh undangan yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Menurutnya, pertemuan itu semata-mata untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di kawasan sekitar Huadi Group beroperasi.

“Terima kasih atas kunjungan Danrem 141 Toddopuli beserta rombongan. Semoga apa yang menjadi rencana hari ini dapat berjalan dengan lancar. Ini semua semata-mata untuk masyarakat,” tutupnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646