0%
logo header
Selasa, 16 Januari 2024 03:02

Deklarasi Pemilu Damai 2024, HMI Soppeng Gandeng KPU dan Forkopimda Soppeng

Rizal
Editor : Rizal
HMI Cabang Soppeng menggelar kegiatan deklarasi Pemilu Damai tahun 2024 dalam bentuk FGD di Warkop 112, Kelurahan Botto, Kecamatan Lalabata, Soppeng, Senin (15/1/2024). (Foto: Istimewa)
HMI Cabang Soppeng menggelar kegiatan deklarasi Pemilu Damai tahun 2024 dalam bentuk FGD di Warkop 112, Kelurahan Botto, Kecamatan Lalabata, Soppeng, Senin (15/1/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SOPPENG – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Soppeng menggelar kegiatan deklarasi Pemilu Damai tahun 2024 dengan membuka ruang Focus Group Discussion (FGD) terkait Pemilu Damai.

Kegiatan ini dilaksanakan di Warkop 112, Kelurahan Botto, Kecamatan Lalabata, Soppeng, Senin (15/1/2024). Kegiatan FGD HMI Cabang Soppeng ini mengangkat tema “Pemilih Cerdas, Pemilih Berkualitas“.

Hadir sejumlah narasumber diantaranya Komisioner KPU Soppeng Lanyala Soewarno, Bupati Soppeng yang diwakili Kesbangpol Kabupaten Soppeng Hadi Indra Jaya, Dandim 1423 Soppeng, serta perwakilan Kejari Soppeng.

Baca Juga : Demi Gaya Hidup Sehat, Herbathos Kenalkan Produk Herbal di Acara F8 Makassar

Dalam sambutannya, Ketua HMI Cabang Soppeng, Andi Dirga mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaga marwah nama baik Kabupaten Soppeng. Sebab jika mengungkit sejarah Soppeng pada tahun 2010 lalu sempat terjadi kerusuhan pada ajang Pilkada.

“Melalui tema yang kami usung pemilih cerdas pemilih berkualitas, bisa mencerminkan bagi kami para pemuda untuk melahirkan pemilih yang cerdas dan berkualitas,” ujar Andi Dirga.

Sementara itu, Komisioner Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat, Pendidikan Pemilih dan SDM KPU Soppeng, Lanyala Soewarno menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan FGD dan deklarasi pemilu damai yang diselenggarakan oleh pengurus HMI Cabang Soppeng tersebut.

Baca Juga : Pemkab Gowa Susun SOP Layanan Pencegahan Perkawinan Anak

“Kami bersyukur atas suksesnya kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus HMI Soppeng dimana melibatkan semua elemen dalam deklarasi Pemilu tahun 2024,” kata Lanyala.

“Dengan kerjasama yang baik, kita berharap Pemilu ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sebagai penyelenggara Pemilu, kami berharap agar pemuda Soppeng menghindari politik identitas yang bisa mengganggu jalannya pemilu yang berkualitas di Kabupaten Soppeng ini,” tambahnya.

Lanyala berharap hadirnya pemuda milenial dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat terkait politik identitas yang bisa saja terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga : Bawaslu Sulsel Temukan Puluhan Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN, Pinrang Terbanyak

“Kami harap kepada seluruh elemen yang ada untuk memberikan saran dan kritik kepada kami terkait dengan tahapan pemilu yang berpotensi terjadi pelanggaran terutama pada saat tahapan kampanye,” tuturnya.

Adapun Bupati Soppeng yang diwakili Kesbangpol Kabupaten Soppeng, Hadi Indra Jaya mengatakan bahwa kunci kesuksesan Pemilu itu ada empat unsur, yakni unsur penyelenggara, unsur pemerintah, unsur keamanan dan masyarakat.

“Kami sangat berharap Pemilu di Kabupaten Soppeng ini berjalan dengan damai melalui giat FGD dan deklarasi Pemilu damai yang kita laksanakan hari ini,” ucap Hadi Indra Jaya.

Baca Juga : IM3 Gandeng Iqbaal Ramadhan Kampanye Freedom Internet Lewat Video “Simpel tapi Spesial”

Dirinya juga mengungkapkan bahwa sesuai amanat undang-undang dasar tahun 1945, bahwa mewujudkan pemilu damai tetap berpatokan pada dasar negara dan Pancasila.

“Kami sangat berharap kepada adik-adik untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait Pemilu tahun 2024. Kami juga berharap isu-isu yang bisa memecah belah negara yang kita cintai ini dapat di-counter dengan positif,” tutupnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646