0%
logo header
Selasa, 16 Januari 2024 03:02

Deklarasi Pemilu Damai 2024, HMI Soppeng Gandeng KPU dan Forkopimda Soppeng

Rizal
Editor : Rizal
HMI Cabang Soppeng menggelar kegiatan deklarasi Pemilu Damai tahun 2024 dalam bentuk FGD di Warkop 112, Kelurahan Botto, Kecamatan Lalabata, Soppeng, Senin (15/1/2024). (Foto: Istimewa)
HMI Cabang Soppeng menggelar kegiatan deklarasi Pemilu Damai tahun 2024 dalam bentuk FGD di Warkop 112, Kelurahan Botto, Kecamatan Lalabata, Soppeng, Senin (15/1/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SOPPENG – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Soppeng menggelar kegiatan deklarasi Pemilu Damai tahun 2024 dengan membuka ruang Focus Group Discussion (FGD) terkait Pemilu Damai.

Kegiatan ini dilaksanakan di Warkop 112, Kelurahan Botto, Kecamatan Lalabata, Soppeng, Senin (15/1/2024). Kegiatan FGD HMI Cabang Soppeng ini mengangkat tema “Pemilih Cerdas, Pemilih Berkualitas“.

Hadir sejumlah narasumber diantaranya Komisioner KPU Soppeng Lanyala Soewarno, Bupati Soppeng yang diwakili Kesbangpol Kabupaten Soppeng Hadi Indra Jaya, Dandim 1423 Soppeng, serta perwakilan Kejari Soppeng.

Baca Juga : Cikal Bakal Generasi Emas 2045, Ketua DPRD Sulsel Motivasi Siswa SMA Metro School

Dalam sambutannya, Ketua HMI Cabang Soppeng, Andi Dirga mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaga marwah nama baik Kabupaten Soppeng. Sebab jika mengungkit sejarah Soppeng pada tahun 2010 lalu sempat terjadi kerusuhan pada ajang Pilkada.

“Melalui tema yang kami usung pemilih cerdas pemilih berkualitas, bisa mencerminkan bagi kami para pemuda untuk melahirkan pemilih yang cerdas dan berkualitas,” ujar Andi Dirga.

Sementara itu, Komisioner Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat, Pendidikan Pemilih dan SDM KPU Soppeng, Lanyala Soewarno menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan FGD dan deklarasi pemilu damai yang diselenggarakan oleh pengurus HMI Cabang Soppeng tersebut.

Baca Juga : Rakorsus Pemkot Makassar Hadirkan Enam Pembicara dari Lima Negara, Bahas Soal Low Carbon City

“Kami bersyukur atas suksesnya kegiatan yang dilaksanakan oleh pengurus HMI Soppeng dimana melibatkan semua elemen dalam deklarasi Pemilu tahun 2024,” kata Lanyala.

“Dengan kerjasama yang baik, kita berharap Pemilu ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sebagai penyelenggara Pemilu, kami berharap agar pemuda Soppeng menghindari politik identitas yang bisa mengganggu jalannya pemilu yang berkualitas di Kabupaten Soppeng ini,” tambahnya.

Lanyala berharap hadirnya pemuda milenial dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat terkait politik identitas yang bisa saja terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga : HUT POM AL ke-78, Danny Pomanto Ikut Fun Bike Sejauh 8 Kilometer

“Kami harap kepada seluruh elemen yang ada untuk memberikan saran dan kritik kepada kami terkait dengan tahapan pemilu yang berpotensi terjadi pelanggaran terutama pada saat tahapan kampanye,” tuturnya.

Adapun Bupati Soppeng yang diwakili Kesbangpol Kabupaten Soppeng, Hadi Indra Jaya mengatakan bahwa kunci kesuksesan Pemilu itu ada empat unsur, yakni unsur penyelenggara, unsur pemerintah, unsur keamanan dan masyarakat.

“Kami sangat berharap Pemilu di Kabupaten Soppeng ini berjalan dengan damai melalui giat FGD dan deklarasi Pemilu damai yang kita laksanakan hari ini,” ucap Hadi Indra Jaya.

Baca Juga : Danny Pomanto Apresiasi Jappa Jokka Cap Go Meh 2024 Rekatkan Sosial Masyarakat

Dirinya juga mengungkapkan bahwa sesuai amanat undang-undang dasar tahun 1945, bahwa mewujudkan pemilu damai tetap berpatokan pada dasar negara dan Pancasila.

“Kami sangat berharap kepada adik-adik untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait Pemilu tahun 2024. Kami juga berharap isu-isu yang bisa memecah belah negara yang kita cintai ini dapat di-counter dengan positif,” tutupnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646