0%
logo header
Selasa, 07 Mei 2024 18:10

Desa Kedang Ipil Persiapkan Destinasi Wisata Unggulan di Kutai Kartanegara

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Wisata Air Terjun Desa Kedang Ipil. (Istimewa)
Wisata Air Terjun Desa Kedang Ipil. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA – Terletak di Kecamatan Kota Bangun Darat, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Desa Kedang Ipil menyimpan potensi besar untuk menjelma menjadi desa budaya dan wisata alam unggulan. Hal ini diungkapkan oleh kepala desa, Kuspawansyah, yang optimis dengan kekayaan budaya dan pesona alam yang dimiliki Kedang Ipil.

“Desa ini memiliki kekayaan budaya yang masih terjaga, seperti masyarakat hukum adat dan potensi pengembangan aren di hutan adat. Keindahan alamnya pun memukau, dengan air terjun dan hutan yang masih alami,” ujar Kuspawansyah pada Selasa (07/05/2024).

Visi Kuspawansyah untuk Kedang Ipil tak hanya berhenti di situ. Ia bertekad menjadikan desa ini sebagai destinasi wisata unggulan di Kutai Kartanegara.

Baca Juga : Upacara Harkitnas ke-116 di Kukar, Bupati Edi Gelorakan Semangat Kebangsaan

“Kami akan menjadikan desa ini sebagai desa budaya dan mengembangkan wisata alamnya,” tegasnya.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Kuspawansyah menyadari pentingnya pengembangan sumber daya manusia (SDM) pengelola wisata.

“Kami akan fokus pada pengembangan SDM pengelola wisata di desa ini. Kami juga akan melatih dan meningkatkan kapasitas mereka agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi wisatawan,” ungkapnya.
Kuspawansyah yakin bahwa dengan SDM yang mumpuni, Kedang Ipil akan menjadi daya tarik wisata yang tak terlupakan.

Baca Juga : Ribuan Warga Kukar Larut dalam Shalawat, Festival Islami Sukses Digelar

“Kami yakin dengan SDM yang mumpuni, Desa Kedang Ipil akan menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan,” harapnya.

Inisiatif pelestarian budaya dan alam di Kedang Ipil patut diapresiasi. Upaya ini diharapkan dapat memajukan desa, meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, dan menjadi inspirasi bagi desa-desa lain di Kukar untuk mengembangkan potensi wisata mereka dengan tetap menjaga kelestarian budaya dan alam. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646