0%
logo header
Selasa, 07 Mei 2024 15:03

Desa Kedang Ipil Prioritaskan Pengembangan SDM

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Kepala Desa Kedang Ipil, Kuspawansyah, saat diwawancara awak media. (Istimewa)
Kepala Desa Kedang Ipil, Kuspawansyah, saat diwawancara awak media. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA – Menyadari pentingnya Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dalam pembangunan desa, Kepala Desa Kedang Ipil, Kuspawansyah, terus menggulirkan berbagai program pengembangan SDM.

“Harapannya untuk SDM sendiri, bisa dibilang sedikit tertinggal dengan desa-desa transmigrasi. Jadi SDM ini menjadi skala prioritas untuk kita tingkatkan dengan cara pelatihan maupun membantu anak-anak kita yang mungkin kurang mampu untuk melanjutkan sekolah yang lebih tinggi lagi,” jelas Kuspawansyah pada Selasa (07/05/2024).

Kuspawansyah mengungkapkan, program-program pengembangan SDM ini selalu ada, seperti tahun lalu yang berfokus pada bidang konstruksi bekerja sama dengan Balai Konstruksi Banjarmasin dari Kementerian PUPR.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

“Tahun ini rencananya kita kembangkan pelatihan keterampilan barista dan pengelolaan wisata yang baik. Ini yang akan kita canangkan hingga 3 tahun pertama RPJM untuk pengembangan SDM,” imbuhnya.

Berbagai program ini ditargetkan untuk membantu para pemuda dan masyarakat yang masih menggeluti usaha karet aren.

“Semua program itu untuk masyarakat. Sasarannya memang anak-anak muda dan yang masih menggeluti pengembangan aren karet. Kita sasar duluan dari sistem pengelolaan secara modern. Kami menyiapkan rumah produksi dan lain-lain,” tuturnya.

Baca Juga : Kukar Jadi Tujuan Kunjungan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat Dua

Kuspawansyah berharap dengan berbagai program ini, kualitas SDM di Desa Kedang Ipil dapat meningkat dan menjadikan desa ini lebih maju dan sejahtera. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646