0%
logo header
Kamis, 21 Desember 2023 17:05

Diskominfo-SP Gowa Pelajari Pengelolaan SP4N LAPOR! dan PPID Provinsi Yogyakarta

Chaerani
Editor : Chaerani
Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Gowa Arifuddin Saeni (kedua kiri), didampingi Kepala Bidang Komunikasi Publik Dhyni Widyaswari Dwiputri, saat memberikan sambutan di sela-sela studi tiru di Kantor Diskominfo Provinsi DI Yogyakarta, Kamis, (21/12/2023). (Dok. Chaerani/Republiknews.co.id)
Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Gowa Arifuddin Saeni (kedua kiri), didampingi Kepala Bidang Komunikasi Publik Dhyni Widyaswari Dwiputri, saat memberikan sambutan di sela-sela studi tiru di Kantor Diskominfo Provinsi DI Yogyakarta, Kamis, (21/12/2023). (Dok. Chaerani/Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, YOGYAKARTA — Pemerintah Kabupaten Gowa melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo-SP) terus berupaya dalam mendorong peningkatan kualitas dan efektivitas kinerja.

Salah satunya dengan melakukan studi tiru pada beberapa instansi yang dianggapnya berhasil. Utamanya, pada pengelolaan media, pengaduan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR!), pengelolaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), dan diseminasi informasi melalui kerjasama media.

Studi tiru yang dilakukan kali ini dengan mengunjungi Diskominfo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kunjungan tersebut berlangsung di Ruang Pertemuan, Kantor Diskominfo Provinsi DI Yogyakarta.

Baca Juga : Cikal Bakal Generasi Emas 2045, Ketua DPRD Sulsel Motivasi Siswa SMA Metro School

Dalam kunjungan tersebut dipimpin langsung Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Gowa Arifuddin Saeni, didampingi Kepala Bidang Komunikasi Publik Dhyni Widyaswari Dwiputri, dan jajaran Diskominfo-SP Gowa. Kemudian, pejabat Diskominfo Provinsi DIY yang hadir menyambut yakni Kepala Bidang Informasi, Komunikasi Publik Riris Puspita Wijaya Kridaningrat, dan Staf IKP, KID DIY 2019-2023 Agus Purwanta.

Arifuddin Saeni mengatakan, tujuan utama kunjungan ini adalah untuk mendapatkan wawasan dan pemahaman yang mendalam mengenai praktik terbaik yang telah diterapkan Diskominfo Provinsi DI Yogyakarta yang menjadi tanggungjawabnya.

Misalnya, terkait pengelolaan media, penanganan pengaduan SP4N LAPOR!, pengelolaan PPID, dan strategi diseminasi informasi melalui kerjasama media.

Baca Juga : Rakorsus Pemkot Makassar Hadirkan Enam Pembicara dari Lima Negara, Bahas Soal Low Carbon City

“Kunjungan ini bertujuan untuk memperkaya pengetahuan dan keterampilan rombongan studi tiru. Sehingga dapat diaplikasikan secara efektif di lingkungan kerja kami,” katanya di sela-sela kunjungan, Kamis, (21/12/2023).

Menurutnya, dari kunjungan tersebut dapat terjadi peningkatan kinerja maupun pengelolaan. Misalnya, pada pengelolaan media, semakin dapat dipelajari strategi pengelolaan media yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan citra Pemerintah Kabupaten Gowa.

Selain itu, mempelajari metode terbaru dalam pemanfaatan platform digital dan media sosial untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Baca Juga : HUT POM AL ke-78, Danny Pomanto Ikut Fun Bike Sejauh 8 Kilometer

Kemudian, pada pengaduan SP4N LAPOR! dapat memahami sistem pengaduan SP4N LAPOR! yang telah diterapkan di Provinsi D.I. Yogyakarta.

“Termasuk mengidentifikasi proses penanganan pengaduan yang efisien dan transparan untuk menerapkan strategi No Wrong Door Policy,” ujarnya.

Khusus, pada pengelolaan PPID tentunya diharapkan melalui studi tiru ini dapat diselidiki praktik terbaik dalam pengelolaan dan penyediaan informasi publik. Serta, memahami upaya Provinsi D.I. Yogyakarta dalam memastikan keterbukaan informasi publik dan kepatuhan terhadap regulasi terkait PPID.

Baca Juga : Danny Pomanto Apresiasi Jappa Jokka Cap Go Meh 2024 Rekatkan Sosial Masyarakat

“Dengan kunjungan ini, diharapkan rombongan studi dapat menggali best practice yang dapat diadopsi dan disesuaikan dengan kondisi Kabupaten Gowa. Manfaatnya adalah peningkatan kualitas pelayanan informasi kepada masyarakat, serta peningkatan transparansi pemerintahan,” ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang Informasi, Komunikasi Publik Riris Puspita Wijaya Kridaningrat mengungkapkan, studi tiru ini adalah momen untuk saling berbagi informasi yang sesuai tupoksi yang ada.

“Jadi bukan hanya Kabupaten Gowa yang mencari informasi ke kami, tapi kami juga banyak mendapatkan informasi, termasuk hal positif yang berasal dari Kabupaten Gowa melalui kunjungan ini,” katanya.

Baca Juga : Danny Pomanto Apresiasi Jappa Jokka Cap Go Meh 2024 Rekatkan Sosial Masyarakat

Ia pun menyambut baik upaya Pemerintah Kabupaten Gowa melakukan studi tiru di Provinsi DI Yogyakarta ini. Tujuannya, agar kedepannya masing-masing pemerintah daerah ini bisa lebih baik dalam menjalankan berbagai pelayanan publik yang dilakukan.

“Kami juga tentunya akan berkunjung ke Kabupaten Gowa, tetapi sebelumnya kami ingin eksplor lebih lanjut terkait apa kelebihannya. Terutama dalam peningkatan layanan informasi dan komunikasi, serta pelayanan publik lainnya,” katanya.

Ia mengaku, Kabupaten Gowa tentunya juga punya banyak kelebihan yang dapat dijadikan bahan untuk dipelajari dan tiru, kemudian dibawah pulang ke DI Yogyakarta dalam hal pengembangan pembangunan daerah.

Baca Juga : Danny Pomanto Apresiasi Jappa Jokka Cap Go Meh 2024 Rekatkan Sosial Masyarakat

Di tempat yang sama, Staf IKP, KID DIY 2019-2023 Agus Purwanta menyampaikan terima kasih karena telah berkunjung ke Diskominfo DIY.

“Tentunya di forum ini kami bisa saling belajar dan bertukar informasi terkait pengelolaan SP4N LAPOR! dan PPID. Termasuk dalam mengelola aduan yang masuk ke SP4N LAPOR!,” katanya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646