0%
logo header
Senin, 06 Mei 2024 15:33

DPMD Kukar Berupaya Tekan Angka Kematian dan Stunting Melalui Peningkatan Kualitas Posyandu

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Suasana penilaian dan pembinaan kader Posyandu Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara. (Istimewa)
Suasana penilaian dan pembinaan kader Posyandu Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, Kutai Kartanegara. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA – Upaya menekan angka kematian bayi, balita, dan stunting menjadi prioritas DPMD Kutai Kartanegara. Salah satu langkah yang diambil adalah melakukan penilaian dan pembinaan kader Posyandu di Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, Senin (06/05/2024).

Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Ekonomi Desa, Asmi Riyandi Elvandar, menjelaskan bahwa monitoring kesehatan dan perkembangan balita melalui Posyandu merupakan cara efektif untuk menanggulangi permasalahan tersebut.

“Posyandu memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya ini. Melalui Posyandu, berbagai program kesehatan dapat dijalankan secara terpadu dan menjangkau langsung masyarakat di tingkat desa,” ucap Asmi Riyandi.

Baca Juga : Pemkab Kukar Perkuat SPIP Terintegrasi, Targetkan Maturitas Penilaian Maksimal

Dalam penilaian dan pembinaan yang dilakukan, DPMD Kukar tidak hanya fokus pada aspek kuantitatif, seperti jumlah kunjungan dan cakupan pelayanan, tetapi juga pada aspek kualitatif, seperti pengetahuan dan keterampilan kader Posyandu.

“Saya menekankan pentingnya peningkatan kapasitas kader Posyandu agar dapat memberikan pelayanan yang berkualitas dan sesuai dengan standar kesehatan,” ungkapnya.

Selain itu, DPMD Kukar juga mendorong kolaborasi antara Posyandu dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah desa, puskesmas, dan organisasi masyarakat, untuk menciptakan sinergi dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat.

Baca Juga : Atasi Defisit dengan Efisiensi Anggaran, Pemkab Kukar Fokus Ketahanan Pangan di APBD 2025

“Kami berharap angka kematian bayi, balita, dan stunting di Kutai Kartanegara dapat terus menurun. Posyandu juga diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera,” tutupnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646