0%
logo header
Rabu, 12 Juni 2024 00:08

Gagas Berdirinya FK IKB KJP Palopo, UMI Buktikan Diri sebagai PTS Unggul di Indonesia

Rizal
Editor : Rizal
Penyerahan SK izin operasional Prodi Sarjana Kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter FK IKB Kurnia Jaya Persada, Palopo, Minggu (9/6/2024). (Foto: Istimewa)
Penyerahan SK izin operasional Prodi Sarjana Kedokteran dan Pendidikan Profesi Dokter FK IKB Kurnia Jaya Persada, Palopo, Minggu (9/6/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PALOPO – Universitas Muslim Indoensia (UMI) terus menunjukan eksistensinya sebagai perguruan tinggi unggul melalui karya-karya besar sebagai bentuk keterlibatan langsung dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Salah satunya dengan melakukan pembinaan berdirinya program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran (FK) Institut Kesehatan dan Bisnis (IKB) Kurnia Jaya Persada (KPJ) Palopo.

UMI melalui tangan dingin akademika Fakultas Kedokteran melakukan pembinaan kurang lebih satu tahun setengah, FK IKB KPJ sukses memperoleh izin operasional. Ini adalah sebuah karya yang sangat besar dari UMI.

Baca Juga : KPU Sulsel Gagas KKN Tematik bersama Unhas

Tokoh Pendidikan Sulawesi Selatan, Prof Dr Jasruddin yang juga mengagumi upaya Universitas Muslim Indonesia sebagai Perguruan Tinggi Terakreditasi Unggul  dalam membina FK IKB KJP. Menurutnya, hal ini adalah langkah yang luar biasa bagi UMI untuk membagi kebermanfaatan bagi perguruan tinggi lain.

Hal tersebut diungkapkannya di sela-sela acara penyerahan SK Pembukaan Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter IKB Kurnia Jaya Persada di Jalan Dr Ratulangi, Palopo, Minggu (9/6/2024) lalu.

“Sangat berbahagia hari ini karena Universitas Muslim Indonesia sebagai perguruan tinggi yang unggul di Indonesia telah memunculkan suatu karya besar yakni dengan keluarnya izin penyelenggaraan program studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter FK IKB KJP di Palopo,” ungkap mantan kepala LLDikti IX itu.

Baca Juga : Ketua DPRD Sulsel Fasilitasi Petani Milenial Barru Diskusi Penerapan Smart Farming

“Yang menarik adalah perguruan tinggi seperti UMI bisa membagi ilmunya sehingga terbangun lagi satu fakultas kedokteran yang dimana sangat dibutuhkan di Indonesia saat ini. Pasalnya, kita ketahui tenaga kesehatan seperti dokter masih sangat kurang,” tambah ketua Majelis Guru Besar Universitas Negeri Makassar (UNM) itu.

Ketua Pembina Yayasan Wakaf (YW) UMI Prof Dr Mansyur Ramly menegaskan bahwa karya ini adalah bukti UMI terus terlibat dalam memastikan mutu pendidikan di Indonesia berjalan dengan baik.

Insyaallah perjalanan pembangunan FK IKB KJP ini, UMI terus melakukan pembinaan sehingga mutunya bisa maju minimal sama dengan FK UMI. Inilah salah satu bentuk pengabdian dan upaya untuk bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia,” tegas mantan ketua BAN-PT itu.

Baca Juga : 40 Menit Terjual 1.000 Unit, Konsumen NMAX Generasi Terbaru Berburu Beli Online di Marketplace

Sementara itu, Ketua Yayasan IKB KJP Dr Hj Nurhaenih memastikan akan terus mengikuti arahan dari UMI, khususnya Fakultas Kedokteran UMI setiap saat demi memastikan IKB KJP terus eksis saat ini dan selanjutnya.

“Tentu kami sangat berterima kasih mereka telah menyerahkan semua kiat-kiatnya kepada kami tidak kenal siang dan malam. Mereka inginkan agar kami menangkap berbagai peluang dengan gerak cepat,” kata ketua DPRD Kota Palopo tersebut.

Dekan Fakultas Kedokteran UMI, Dr dr Nasrudin AM juga memastikan pihaknya akan terus mendampingi Fakultas Kedokteran IKB KJP hingga memperoleh akreditasi nantinya.

Baca Juga : Total 14 Ekor, Huadi Group Distribusi Sapi Kurban untuk Warga Bantaeng

“Ini adalah sebuah keberkahan yang besar akhirnya IKB KJP memiliki surat izin operasional pembukaan program studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter. Tentu ini tidak terpisahkan dari kami (FK UMI) dimana kurang lebih satu tahun kami melakukan persiapan mulai dari kurikulum, desainnya sumber daya manusia seperti dosen yang minimal 26 orang dan sarana prasarana,” tuturnya.

Alhamdulillah karena semangat dan respons yang besar dari IKB KJP akhirnya SK operasionalnya sudah keluar. Tentu juga kami tidak berakhir sampai disini tapi bagaimana FK UMI melakukan pembinaan agar nantinya bisa terus bangkit dan pastinya terakreditasi,” tutupnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646