0%
logo header
Kamis, 26 Oktober 2023 16:47

Gandeng TIKI dan Bank Mantap, Kanwil Kemenkumham Sulsel Bekali Keahlian Mandiri Calon Pensiunan

Chaerani
Editor : Chaerani
Sejumlah pegawai Kanwil Kemenkumham Sulsel mengikuti Sosialisasi dan Pelatihan Keahlian Kemandirian Usaha bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan Memasuki Masa Purna Bhakti yang digelar atas kerjasama dengan TIKI Makassar dan Bank Mandiri Taspen, di Aula Kanwil Kemenkumham Sulsel, Kamis, (26/10/2023). (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)
Sejumlah pegawai Kanwil Kemenkumham Sulsel mengikuti Sosialisasi dan Pelatihan Keahlian Kemandirian Usaha bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan Memasuki Masa Purna Bhakti yang digelar atas kerjasama dengan TIKI Makassar dan Bank Mandiri Taspen, di Aula Kanwil Kemenkumham Sulsel, Kamis, (26/10/2023). (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Dalam rangka membekali keahlian kemandirian kepada calon pensiunan di jajaran Kanwil Kemenkumham Sulsel, pihaknya memberikan pelatihan kepada sejumlah pegawai Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Sulsel yang akan memasuki masa pensiun.

Kegiatan ini melalui Sosialisasi dan Pelatihan Keahlian Kemandirian Usaha bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan Memasuki Masa Purna Bhakti dengan menggandeng TIKI Makassar dan Bank Mandiri Taspen (Mantap).

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak menyampaikan terimakasihnya kepada perwakilan dari TIKI Makassar dan Bank Mantap yang telah memberikan sosialisasi dihadapan jajaran ASN yang akan memasuki pensiun.

Baca Juga : Operasikan GI Smelter CNI di Kolaka, PLN Komitmen Siapkan Listrik Andal di Sektor Industri

“Kami harap dengan ASN mengikuti kegiatan pada hari ini nantinya dapat memiliki bekal serta keahlian mandiri dalam membangun usaha,” katanya di sela-sela kegiatan, di Aula Kanwil Kemenkumham Sulsel, Kamis, (26/10/2023).

Pada sosialisasi ini melibatkan sejumlah narasumber dari masing-masing perwakilan. Nur Haerani mewakili TIKI Makassar dalam materinya mengatakan, terdapat satu program hasil kerjasama Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) dan TIKI yakni Agen Kurir Mantap.

“Agen Kurir Mantap merupakan agen program baru Wirausaha Mantap Sejahtera untuk nasabah yang ingin memulai kegiatan usaha agen ke logistik/jasa pengiriman di wilayah Indonesia. Program ini pun dibantu dan didukung oleh TIKI,” katanya.

Baca Juga : Kunjungan Beautiful Malino Pengaruhi Pendapatan Ekonomi Masyarakat Lokal

Ia menjelaskan, untuk menjadi Agen Kurir Mantap, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh pemohon. Pertama, aktif sebagai nasabah Bank Mantap. Kedua, memiliki tempat yang luasnya minimal 3×5 meter persegi untuk dijadikan tempat usaha Agen Kurir Mantap. Ketiga, pemperhatikan jarak calon tempat usaha Agen Kurir Mantap dengan TIKI Operasional minimal 29 kilometer, dan keempat, tempat harus dekat dengan lokasi kawasan bisnis perumahan/perdagangan demi kelancaran pengiriman barang ke calon tempat usaha Agen Kurir Mantap.

“Syarat lainnya yaitu tempat usaha Agen Kurir Mantap mudah diakses oleh calon konsumen untuk kemudahan pengiriman barang,” jelas Rani sapaan akrabnya.

Disamping itu, sambung Rani, biaya yang dibutuhkan untuk menjadi Agen Kurir Mantap sebesar Rp25 juta. Selanjutnya, untuk dapat bergabung menjadi Agen Kurir Mantap ini, pemohon bisa memilih dua opsi yaitu Program Tabungan siMantap Reward (SMARD) atau Permohonan Kredit.

Baca Juga : Ribuan Pelari Cross Country Nikmati Pesona Alam di Kota Malino

“Untuk informasi dan proses pendaftaran lebih lanjut, pemohon bisa mendatangi Kantor Cabang Bank Mantap terdekat atau mengisi form aplikasi online,” jelas Rani.

Di tempat yang sama, Perwakilan Relationship Officer Pensiun Bank Mantap Elfira mengatakan, bagi peserta yang hendak membutuhkan dana untuk menjadi “Agen Kurir Mantap” tersebut dapat mengajukan permohonan dengan cara mendatangi Kantor Cabang Bank Mantap terdekat.

“Kami siap membantu bapak dan ibu yang butuh dana untuk ikut program ini. Apalagi program ini merupakan penerapan salah satu Pilar Bank Mantap yaitu Mantap Wirausaha,” ujarnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646