0%
logo header
Kamis, 16 November 2023 12:14

GBH Parepare Menuju Stadion Standar Internasional, Suporter PSM Kenang dan Apresiasi Perjuangan Taufan Pawe

Rizal
Editor : Rizal
Mantan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe. (Foto: Istimewa)
Mantan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE – Kota Parepare bakal menjadi sorotan dunia. Khususnya bagi pacinta sepak bola. Kini, Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) Kota Parepare bakal menjadi stadion lapangan sepak bola berstandar internasional.

Pasalnya, pemerintah pusat telah mengalokasikan pagu anggaran sebesar Rp129 miliar untuk proyek rehabilitasi dan renovasi Stadion Gelora BJ Habibie Kota Parepare. Anggaran ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) tahun 2023.

Tak ayal, pecinta sepak bola Sulsel memberikan apresiasi dan mengenang perjuangan mantan Wali Kota Parepare Taufan Pawe. Salah satunya dari suporter Red Gank, Sadakati Sukma. Dirinya mengaku saksi perjuangan Taufan Pawe.

Baca Juga : Dukungan PKB Menguat, Indira Buka Peluang Berpaket dengan Azhar

“Dulu, kita sudah melakukan aksi damai dan keras agar pemerintah Kota Makassar dan provinsi (Sulsel) untuk mewujudkan stadion, tetapi tetap tidak didengar. Namun kekecewaan kami diselamatkan bapak Taufan Pawe. Akhirnya kita bisa lagi menyaksikan PSM bermain di tanah sendiri,” kata Sadak.

Mantan Sekjend Red Gank ini menjelaskan, awalnya dirinya pesimis Stadion GBH Kota Parepare bisa menjadi markas PSM. Pasalnya, syarat PT Liga Indonesia Baru (LIB) baginya cukup berat.

“Saya mengakui bapak Taufan Pawe saat itu, pemimpin visioner. Dirinya melibatkan semua unsur, baik suporter, manajemen PSM, dan pihak profesional, agar memaksimalkan yang ada supaya Stadion GBH lolos verifikasi,” jelasnya.

Baca Juga : Miliki Toyota Rush Imipian, Ada Cicilan Tanpa Bunga Hingga Diskon Tukar Tambah

Dirinya melanjutkan, komitmen dan perjuangan Taufan Pawe mewujudkan Stadion GBH Kota Parepare markas PSM Makassar berbuah manis. Pasukan Ramang akhirnya keluar sebagai juara Liga I setelah 23 tahun lamanya.

“Sejarah mencatat, Kota Parepare, Kota Cinta Habibie Ainun menjadi kenangan manis bagi suporter PSM dan pecinta sepak bola Sulsel. PSM akhirnya mengangkat trofi setelah 23 tahun puasa gelar,” ungkapnya.

Kini, melihat euforia sepak bola Sulsel berada di Kota Parepate, Stadion Gelora BJ Habibie akhirnya mendapat perhatian dari pemerintah pusat. Melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Stadion GBH Kota Parepare direnovasi menjadi standar internasional.

Baca Juga : Menpan RB Terima Gelar Adat Daeng Tojeng di Musuem Balla Lompoa

“Saya kira ini harapan kita semua. Bukan hanya untuk suporter PSM tetapi pecinta sepak bola Sulsel pada umumnya. Kita telah menanti bertahun-tahun stadion berstandar internasional, dan itu bisa terwujud di kota kecil, Kota Parepare,” katanya.

Untuk itu, dirinya berharap renovasi Stadion GBH Kota Parepare berjalan lancar. Dirinya mememinta seluruh pihak untuk memberikan dukungan.

“Tentunya kita mengharapkan pemerintah saat ini dapat melanjutkan harapan pecinta sepak bola Sulsel di Kota Parepare. Jangan ada kendala untuk membatalkan stadion kebanggaan kita saat ini,” tutupnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646