0%
logo header
Kamis, 09 Mei 2024 20:19

Genjot Perekonomian dan Serap Tenaga Kerja Lokal, Efek Positif Kehadiran Huadi Group di Bantaeng

Rizal
Editor : Rizal
Pengamat Ekonomi Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Lukman Setiawan. (Foto: Istimewa)
Pengamat Ekonomi Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Lukman Setiawan. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BANTAENG – Kabupaten Bantaeng merasakan dampak positif dari kehadiran perusahaan smelter Huadi Group. Mulai dari menyerap tenaga kerja lokal hingga membantu pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bantaeng.

Penegasan itu disampaikan oleh Pengamat Ekonomi Universitas Bosowa (Unibos) Makassar, Lukman Setiawan. Menurutnya, banyak efek positif yang hingga kini dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Bantaeng.

“Pada prinsipnya semakin banyak pembangunan smelter semakin bagus, karena dalam rangka menggenjot perekonomian dan bagaimana menggali potensi sumber daya manusia yang ada di suatu daerah,” kata Lukman Setiawan, Rabu (8/5/2024).

Baca Juga : Yamaha Borong 6 Piala di Ajang Otomotif Award 2024, Lexi Dapat Kategori Paling Bergengsi

Menurutnya, kehadiran perusahaan smelter seperti Huadi Group ini tentu akan memaksimalkan serapan tenaga kerja di daerah tersebut. Apalagi, jika didukung dengan kebijakan pemerintah daerah setempat.

Sementara dari segi ekonomi, kata Lukman, dengan serapan tenaga kerja tersebut tentunya akan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Dengan demikian, otomatis daya beli masyarakat juga akan bertambah.

“Adanya pemerataan pembangunan menciptakan daya beli yang tinggi, karena ada lapangan pekerjaan, sehingga secara signifikan tingkat produktivitas dapat menyebabkan pembangunan secara menyeluruh,” tambah Lukman.

Baca Juga : Bantu Periksa Kesehatan Warga di 3 Desa, Camat Eremerasa Apresiasi Polres Bantaeng dan Huadi Group

Lebih jauh, katanya, kehadiran smelter Huadi Group di Kabupaten Bantaeng akan meningkatkan pendapatan daerah. Ini tentu akan berdampak positif pada pembangunan berbagai sektor secara umum.

“Perputaran ekonomi akan meningkat karena terciptanya lapangan pekerjaan dan daya beli yang meningkat. Pendapatan asli daerah juga pasti meningkat. Inilah dampak positif dari kehadiran perusahaan smelter,” demikian Lukman. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646