0%
logo header
Senin, 18 Desember 2023 16:21

Gubernur Papua Selatan Cup, 118 Perenang Adu Cepat di Mini Water Park Swimming Pool Merauke

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Penyerahan medali kepada perenang gaya bebas dan gaya punggung KU-IV Putri, dimana 2 medali emas diraih oleh Nathania Zefanya Wohel, 2 medali perak diraih Kenszie A.T. Tonoto dan 1 medali perunggu Pinky Caesar Y.M (Foto: Hendrik / Republiknews.co.id)
Penyerahan medali kepada perenang gaya bebas dan gaya punggung KU-IV Putri, dimana 2 medali emas diraih oleh Nathania Zefanya Wohel, 2 medali perak diraih Kenszie A.T. Tonoto dan 1 medali perunggu Pinky Caesar Y.M (Foto: Hendrik / Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Cabang Olahraga Akuatik Indonesia Provinsi Papua Selatan menggelar iven Kejuaraan Renang Gubernur Papua Selatan Cup Open Papua selama dua (2) hari yang diselenggarakan di Kolam Renang Mini Water Park Kelapa Gading Jl. Seringgu Merauke, 18-19 Desember 2023.

Kejuaraan renang ini mengikutsertakan 118 peserta atau atlet renang dari 8 klub renang dari institusi TNI/Polri dan instansi se-Papua dan Papua Selatan (dua klub dari Jayapura dan 6 klub Kabupaten Merauke) dan dibuka oleh Ketua Umum Akuatik Indonesia Provinsi Papua Selatan Agus Eko Prasetyo.

Ketua Umum Akuatik Indonesia Provinsi Papua Selatan Agus Eko Prasetyo melalui Bidang Teknik Renang, Fathurohim menyebutkan bahwa Kejuaraan Renang Gubernur Papua Selatan Cup I  2023 mengikutkan enam (6) kategori berdasarkan kelompok umur (KU) yakni kategori senior, KU-I, KU-II, KU-III, KU-IV, dan kategori Master baik putera maupun puteri.

Baca Juga : Nicolaus Kondomo Maju di Pilgub Papua Selatan 2024, Dukungan Masyarakat Terus Mengalir

“Kategori yang diterapkan di sini ada ketentuan yang berlaku secara nasional. Kategori Senior (19 tahun ke atas), KU-I (16-18 tahun), KU-II (14-15 tahun),  KU-III (12-13 tahun), KU-IV (11 tahun ke bawah) dan kategori Master (40 tahun ke atas). Khusus kelas Master tidak untuk memperebutkan tropi kejuaraan, tetapi sebagai partisipan.

“Sedangkan nomor gaya yang diperlombakan adalah 50 meter gaya bebas, 50 meter gaya dada, 50 meter gaya kupu-kupu, 50 meter gaya punggung, 4X50 meter estafet gaya bebas dan 4X50 meter estafet gaya ganti. Kita berharap para atlet bisa menjunjung tinggi sportivitas dalam kejuaraan ini,” jelas Fathurohim kepada republiknews.co.id, Senin (18/12/2023).

Di hari pertama, berlomba 50 meter gaya bebas dan 50 meter gaya punggung dan 4X50 meter gaya bebas (putera-puteri) untuk semua kategori kelompok umur (KU). Sedangkan di hari kedua, berlomba 50 meter gaya dada dan 50 meter gaya kupu-kupu dan 4X50 meter gaya ganti (putera puteri).

Baca Juga : SDN 1 Merauke Dipalang, 524 Siswa Tak Bisa Sekolah

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Akuatik Indonesia Provinsi Papua Selatan Samuel Bernard Tanalepy mengatakan Kejuaraan Renang Gubernur Papua Selatan Cup l 2023 menjadi ajang bergengsi untuk mengembangkan olahraga Akuatik di tanah Papua Selatan.

“Kita sangat bersyukur kepada Pj. Gubernur Papua Selatan selaku Ketua Umum KONI yang telah memberi kesempatan kepada kita untuk menggelar kejuaraan renang Gubernur Cup I.

“Ini suatu momentum yang sangat bagus untuk bisa mengembangkan olahraga Akuatik di Papua Selatan,” kata Samuel Tanalepy kepada wartawan Kolam Renang Mini Water Park Kelapa Gading Merauke, Senin (18/12/2023).

Baca Juga : Kakek Tua Ditemukan Tewas Telungkup di Dalam Rumahnya di Kompleks Pasar Baru Merauke

Melalui kejuaraan, kata Samuel, semua pihak diajak untuk selalu mengembangkan olahraga Aquatik agar dapat diterima secara massal tidak hanya di Kabupaten Merauke tapi bisa juga di kabupaten penyangga lainnya seperti Kabupaten Mappi, Asmat dan Boven Digoel.

“Saya berharap kejuaraan ini dapat berjalan lancar, tertib dan aman, sehingga menjadi tolok ukur kita agar lebih diperhatikan oleh KONI provinsi nantinya. Kami berharap iven ini bisa menjaring atlet-atlet renang yang berprestasi dan dapat mengharumkan nama Papua Selatan.

“Kita ketahui bersama Provinsi Papua Selatan sebagai DOB baru, kita akan diberi satu tiket atau jatah untuk dipersiapkan ke PON XXI Aceh-Sumatera Utara. Kalau provinsi-provinsi lain di Indonesia melalui babak kualifikasi. Namun untuk kita DOB baru di Papua diberikan dispensasi untuk bisa berpartisipasi di PON.

Baca Juga : Ahli Dewan Pers Sebut Kerja Jurnalistik Tak Bisa Dipidana

“Kita di Papua Selatan diberi jatah 30 atlet untuk semua cabor. Kita ketahui cabor-cabor yang unggul seperti tinju, atletik, panahan dan bela diri. Renang sendiri juga menjadi cabor yang dipersiapkan.

“Tetapi kita harus menyadari, renang ini adalah olahraga terukur sehingga kita harus persiapkan dalam jangka panjang dan berproses. Mudah-mudahan para atlet memiliki animo yang besar untuk ikut pada iven kejuaraan selanjutnya,” tandas Samuel. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646