0%
logo header
Kamis, 23 Mei 2024 08:54

Hari Pertama, 15 Cakada Uji Kelayakan di Demokrat Sulsel

Rizal
Editor : Rizal
Bakal calon bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang saat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yang digelar Demokrat Sulsel di Hotel Claro, Makassar, Rabu (22/5/2024). (Foto: Istimewa)
Bakal calon bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang saat mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yang digelar Demokrat Sulsel di Hotel Claro, Makassar, Rabu (22/5/2024). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Sebanyak 15 bakal calon kepala daerah baik calon bupati maupun calon wakil bupati mengikuti fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan yang digelar DPD Demokrat Sulsel di Hotel Claro, Jalan AP Pettarani, Makassar, Rabu (22/5/2024).

Untuk hari pertama tersebut, para bacakada berasal dari sejumlah daerah yang akan menghelat Pilkada serentak 2024. Sebut saja bacalon Bupati Toraja Utara (Torut) Yohanis Bassang atau Ombas, kandidat Pilkada Bantaeng Nurkanita Maruddani Kahfi, Suaib Mansur dari Luwu Utara, Jufri Sambara dari Toraja Utara dan Andi Sugiarti Mangun Karim dari Bantaeng.

Selanjutnya ada tiga nama bacakada dari Gowa, masing-masing Rismawati Kadir Nyampa, Sitti Husniah Talenrang, serta Darmawangsyah Muin.

Baca Juga : KPU Sulsel Gagas KKN Tematik bersama Unhas

Kepala Bakomstra DPD Partai Demokrat Sulsel, Moch Hasymi Ibrahim mengatakan bahwa uji kelayakan dan kepatutan ini merupakan syarat wajib untuk mengendarai partai berlambang bintang mercy tersebut.

“Tidak mungkin ada yang diusung tanpa melalui prosedur fit ini. Kita memang mencari yang patut dan pantas untuk diusung, sesuai slogan kita politik beradab dan solutif,” kata Ami, sapaan karibnya.

Menurutnya, tahapan ini akan diikuti oleh 100 lebih kandidat yang telah mengembalikan formulir pendaftaran pada desk pilkada Demokrat di kabupaten-kota.

Baca Juga : Ketua DPRD Sulsel Fasilitasi Petani Milenial Barru Diskusi Penerapan Smart Farming

“Mereka semua akan diuji oleh para panelis dari internal Demokrat Sulsel. Para kandidat kita tanya tentang visi dan misinya, serta bagaimana komitmennya terhadap Demokrat jika nantinya diusung dan terpilih,” tambah Ami.

Sementara itu, petahana calon bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang yang mengikuti uji kelayakan di hari pertama ini mengaku optimis akan diusung Demokrat. Di Toraja Utara, Partai Demokrat sendiri mengantongi 5 kursi.

“Saya daftar di semua partai yang membuka pendaftaran, termasuk Demokrat. Kita harap Demokrat bisa bersama kita nantinya,” singkat Ombas, sapaan karibnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646