0%
logo header
Selasa, 13 April 2021 14:33

Hari Pertama Ramadan 1442 Hijriyah, Wabup Gowa Pimpin Sidak Kehadiran ASN

Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni saat melakukan sidak kepada jajaran ASN di lingkup Pemkab Gowa, Selasa (13/04/2021). (Istimewa)
Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni saat melakukan sidak kepada jajaran ASN di lingkup Pemkab Gowa, Selasa (13/04/2021). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni turun langsung melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di hari pertama Ramadan.

Hal ini dalam rangka menindaklanjuti kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) terkait kehadiran ASN selama bulan suci Ramadan.

Abd. Rauf mengatakan, sidak ini dilakukan untuk memastikan agar para ASN mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Dimana meski berada pada nuansa Ramadan, pelayanan publik harus tetap dimaksimalkan, sehingga ASN diminta untuk tidak menjadikan puasa sebagai alasan tidak masuk kantor.

Baca Juga : Beredar Pamflet KLB PC PMII Baubau, Ketua Komsat PMII UMB: Itu Mengada-ngada

“Hari ini kita melakukan sidak untuk melihat apakah ASN mematuhi aturan dari Menteri PAN RB yang telah ditentukan atau bekerja seperti biasanya,” ungkapnya usai melakukan sidak, Selasa (13/04/2021).

Pada sidak yang dilakukan bersama pihak Inspektorat dan BKPSDM Kabupaten Gowa, beberapa kantor yang didatangi. Antara lain, Kantor Sekretariat Daerah, Kantor Dinas Sosial, Kantor Dinas Pendidikan, dan Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Gowa.

Ia menyebutkan, dalam sidak yang dilakukan masih ditemukan banyak pegawai yang tidak taat. Sehingga dinilai mereka tidak menyadari fungsinya sebagai ASN. Khususnya dalam hal pelayanan langsung kepada masyarakat.

Baca Juga : Wabup Gowa Minta Layanan Koperasi Melek Teknologi

“Seharusnya semua ASN menyadari bahwa tugasnya sebagai pelayan masyarakat. Termasuk menyadari jika dia tidak datang betapa susahnya masyarakat jika kebutuhan pelayanan yang dibutuhkan tidak didapatkan seperti biasanya,” tegasnya.

Olehnya, dirinya mengingatkan agar para ASN bisa memperbaiki kinerjanya dan bekerja sesuai aturan yang ada.

“Saya juga telah meminta data nama-nama ASN yang tidak masuk kerja untuk segera dilaporkan,” tegasnya.

Baca Juga : Kabupaten Gowa Jadi Lokasi Pelaksanaan KKN Mahasiswa Muhammadiyah dan Aisyiyah di Indonesia

Sementara, berdasarkan Surat Edaran Bupati Gowa terkait jam kerja ASN selama Ramadan berbeda dari biasanya. Di mana pada Senin sampai Kamis jam kerja dimulai pukul 08.00 Wita hingga pukul 15.00 Wita dengan waktu istirahat pukul 12.00 Wita sampai 12.30 Wita. Sedangkan untuk Hari Jumat, jam kerja ASN mulai pukul 08.00 Wita sampai 15.30 Wita dengan jam istirahat 11.30 Wita sampai 12.30 Wita. (Rhany)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 852-9999-3998