0%
logo header
Senin, 17 Juni 2024 14:32

Hewan Kurban Bupati Kukar, Simbol Kepedulian dan Persatuan di Hari Raya Idul Adha

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Bupati Kukar Edi Damansyah, menyerahkan bantuan Sapi Kurban di Langgar Anugerah Cahaya Ilahi, Tenggarong, Senin (17/06/2024). (Istimewa)
Bupati Kukar Edi Damansyah, menyerahkan bantuan Sapi Kurban di Langgar Anugerah Cahaya Ilahi, Tenggarong, Senin (17/06/2024). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah tak hanya fokus pada urusan pemerintahan, namun juga turut mempererat jalinan silaturahmi dengan masyarakat.

Hal ini terlihat saat Edi Damansyah menyerahkan hewan kurban berupa sapi di Langgar Anugerah Cahaya Ilahi, Jalan Penyinggahan Gang Hj Fatimah, Tenggarong, Senin (17/06/2024).

Penyerahan hewan kurban tersebut disambut antusias warga sekitar langgar. Edi Damansyah berharap sapi kurban ini dapat membawa berkah dan bermanfaat bagi seluruh warga.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

“Semoga sapi ini bisa membawa berkah dan bermanfaat bagi semua dan bisa merasakan kebahagiaan berbagi,” ujar Edi Damansyah, disambut antusias warga yang hadir.

Momen tersebut juga dimanfaatkan Edi Damansyah untuk berdialog dengan warga dan pengurus langgar. Edi menyampaikan pentingnya memahami makna ibadah kurban yang tak hanya sekedar tradisi, namun sarat filosofi dan nilai-nilai mulia.

“Penting bagi umat Islam untuk memahami dan menghayati makna di balik ibadah qurban agar dapat melaksanakannya dengan penuh kesadaran, penghayatan, dan kepedulian terhadap sesama serta lingkungan,” terang Edi Damansyah.

Baca Juga : Kukar Jadi Tujuan Kunjungan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat Dua

Selain itu, penyerahan hewan kurban ini diharapkan dapat semakin mempererat tali persaudaraan antar warga, terlebih dalam menyambut Hari Raya Idul Adha.

Ibadah kurban memang identik dengan nilai solidaritas dan kepedulian sosial.  Melalui pembagian daging kurban kepada yang membutuhkan, umat Islam diingatkan untuk berbagi rezeki. Hal ini sejalan dengan ajaran Islam yang menekankan pentingnya memperhatikan kaum dhuafa dan mewujudkan keadilan sosial.

Dengan demikian, ibadah kurban tak hanya menjadi sarana mendekatkan diri kepada Allah, tetapi juga memperkuat silaturahmi dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. (ADV/Prokom Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646