0%
logo header
Senin, 23 Desember 2019 19:14

Ikuti Program Pertukaran Pemuda di Lima Negara, Wanita Cantik Asal Parepare Ini Bagikan Motivasi Untuk Pemuda Sulsel

Hardiyanti Patangngari, saat mengikuti Welcome Reception di Hotel New Otani, Jepang (25/10/2019) lalu.
Hardiyanti Patangngari, saat mengikuti Welcome Reception di Hotel New Otani, Jepang (25/10/2019) lalu.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Hardiyanti Patangngari adalah salah satu dari 28 orang delegasi yang mewakili Indonesia untuk mengikuti program pertukaran pemuda antar Negara pada program The Ship for South East Asian and Japanese Youth Program (SSEAYP) 2019.

Wanita cantik asal Kota Parepare ini membagikan cerita menarik dan juga memberikan motivasi bagi pemuda-pemuda yang ada di Indonesia, khususnya di pelosok Provinsi Sulawesi Selatan.

Ditemui di Kantor tempat ia bekerja, Senin (23/12/2019), Anti, sapaan akrabnya bercerita banyak tentang pengalamannya selama 52 hari berinteraksi dan berdiskusi dengan ratusan  pemuda yang berasal dari 11 negara.

Baca Juga : Segarkan Birokrasinya, Bupati Buteng Rotasi 12 Pejabat Eselon II

Ia mengatakan, dari hasil diskusi dengan banyak pemuda tersebut, ia juga mendapatkan banyak pengalaman dan motivasi, khususnya dari Negara maju seperti Jepang.

“Ada banyak pengalaman yang kami dapatkan selama 52 hari mengikuti program pertukaran pemuda ini, selain itu saya juga mau menyampaikan pesan motivasi untuk anak-anak muda Indonesia khususnya di Sulsel,” kata Anti.

Setiap orang, Lanjutnya, memiliki peluang yang sama dengan pemuda-pemuda yang ada di Negara maju seperti Jepang, Singapura dan Negara-negara maju lainnya.

Baca Juga : Bupati Buteng Tetapkan Khatmil Qur’an Dilaksanakan Setiap Tahun

“Setiap pemuda, di mana pun kita berada dan di manapun kita tinggal, kita memiliki peluang yang sama dengan pemuda-pemuda yang ada di Negara maju, tinggal bagaimana kita melihat peluang itu dan mengejarnya,” ujar wanita kelahiran tahun 1995 itu.

Hardiyanti Patangngari memberikan cendera mata miniature kapal phinisi khas Sulawesi Selatan kepada Kapten Kapal Pesiar Nippon Maru, Senda Shoichi.

Olehnya itu, Anti mengaharapkan kepada seluruh Pemuda yang ada di Sulsel, untuk tidak menganggap pemuda di Negara maju jauh lebih hebat dibandingkan dengan pemuda yang ada di Indonesia khususnya di Sulsel.

“Kita juga bisa menjadi pemuda yang hebat seperti pemuda-pemuda yang ada di Negara maju, jika kita pandai melihat peluang itu dan memanfatkan potensi yang kita miliki,” ucap sekretaris Celebes Research Center (CRC) ini.

Baca Juga : Pimpin Upacara Harkitnas di Buteng, Bupati Samahuddin Memohon Maaf

“Where there is a will there is a way, Dimana ada kemauan disitu ada peluang dan dimana ada peluang disitu ada jalan,” tuturnya.

Program pertukaran pemuda ini, diikuti sebanyak 317 pemuda yang berasal dari 11 negara diantaranya Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, Filipina, Myanmar, Laos, Kamboja, Vietnam dan Jepang.

Mereka juga mengunjungi 5 Negara dengan menggunakan Kapal Pesiar Nippon Maru, kelima Negara tersebut adalah Jepang, Vietnam, Singapura, Myanmar dan Malaysia. (La Saddam)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646