0%
logo header
Sabtu, 23 Desember 2023 05:25

Indah Dorong Perempuan Aktif di Dunia Politik

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani.
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani.

REPUBLIKNEWS.CO.ID,LUWU UTARA — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani membuka kegiatan Sosialisasi Peran Perempuan Dalam Partai Politik yang dilaksanakan DP3AP2KB, di Ruang Rapat Wakil Bupati, Jumat (22/12/2023).

Sosialisasi ini dihadiri 35 peserta dari Kader Perempuan Pengurus Partai Politik “Saya mengapresiasi Dinas P3AP2KB yang secara konsisten melakukan kegiatan edukatif, peningkatan kapasitas untuk mendorong partisasipasi perempuan dalam partai politik di pemilu 2024 nanti,” ucap Indah.

Indah mengatakan, kaum perempuan harus terus didorong untuk lebih percaya diri dalam mengembangkan potensi dirinya. Hal itu sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas kaum perempuan dalam politik, hukum, sosial, dan ekonomi.

Baca Juga : Pilkada 2024, Golkar Lutra : Tidak Ada Pilihan Lain Selain Kader

“Kita sebenarnya sudah punya affirmative action. Awal didorongnya itu pada pemilu 2004 dalam UUD tentang Pemilu bahwa minimal partai politik, bukan hanya pencalonannya, tetapi juga dalam kepengurusan partai politik, kuotanya 30%,” terang Indah.

Sosialisasi tersebut menjadi sangat penting, lanjut Indah, karena ada proses pemberdayaan perempuan ke dalam dunia politik.

“Saya lihat animo perempuan untuk terlibat dalam kegiatan politik semakin membaik dari waktu ke waktu,” tutur Bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

Baca Juga : SIDAK LUTRA Untuk Tata Kelola Keolahragaan Dan Perencanaan Prestasi Atlet Di Luwu Utara

Mengenai Indeks Pembangunan Gender (IPG), Indah mengatakan ukurannya masih ke kualitatif tetapi diharapkan kualitatif ini dapat mendorong kuantitatif.

“Tentu saja kualitatifnya dapat mendorong kuantitatifnya maksudnya angka-angka tersebut mampu mendorong kualitas karna tujuan mendudukkan perwakilan itu bukan tujuan akhir melainkan hanya tujuan sasaran. Dan tujuan akhirnya ada diregulasi atau kebijakan yang dihasilkan yang berpihak pada keadilan gender,” kata Indah di hadapan peserta.

Sebelumnya, Kepala DP3AP2KB, Agunawan mengatakan tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan edukasi kepada para Kader Perempuan Pengurus Partai Politik serta menyampaikan persepsi tentang makna dari politik itu sendiri.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani Serahkan 1.232 SK PPPK Formasi 2023

“Tujuan lain kegiatan ini adalah untuk mewujudkan peningkatan keterwakilan perempuan di bidang politik, serta mendorong kaum perempuan untuk lebih eksis meningkatkan peran serta dalam rangka menghadapi pemilihan legislatif mendatang,” ucap Agunawan. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646