0%
logo header
Minggu, 24 Desember 2023 14:03

Indah Putri Indriani Sebut Hari Ibu Momentum Apresiasi Kiprah Ibu dan Perempuan

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat membuka Peringatan Hari Ibu tingkat Kabupaten Luwu Utara.
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat membuka Peringatan Hari Ibu tingkat Kabupaten Luwu Utara.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, LUWU UTARA — Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani mengajak seluruh elemen masyarakat memaknai Hari ibu. Bukan hanya sekadar seremonial, tetapi bentuk apresiasi atas kiprah ibu dan perempuan untuk ikut memajukan bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Indah Saat membuka acara puncak peringatan Hari Ibu ke-95 tingkat Kabupaten Luwu utara di Aula Lagaligo Kantor Bupati, Jumat (22/12/2023)

Menurutnya, peringatan Hari Ibu ini menjadi semangat bagi kaum ibu dan perempuan untuk terus berkontribusi positif, berdaya dan berkarya sesuai bidangnya masing-masing.

Baca Juga : Kejutan Golkar Di Dapil Luwu Utara I Amankan Tiga Kursi

“Untuk dipahami Peringatan Hari Ibu bukan hanya sebagai penghargaan terhadap jasa besar ibu, melainkan juga apresiasi terhadap peran, dedikasi, dan kontribusi seluruh perempuan Indonesia dalam keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara,” terang Indah.

Tidak sampai disitu, Indah juga menyampaikan agar stigma negatif terhadap ibu tidak lagi terjadi. Salah satunya status ibu tunggal akibat perceraian.

“Stigma yang paling kuat adalah status janda yang dipandang sebagai penggoda atau perusak rumah tangga orang, diikuti dengan gurauan yang merendahkan status para ibu tunggal, terlebih menjadi orang tua tunggal memiliki tanggung jawab besar dalam mengasuh anak serta tulang punggung keluarga,” pinta bupati dua periode tersebut.

Baca Juga : Wawancara Kandidat Paritrana Award, Indah Paparkan Upaya Pemda Lutra Beri Perlindungan Jaminan Sosial

Sementara sebagai rangkaian kegiatan Hari ibu, Pemerintah kembali menyalurkan bantuan pangan dalam rangka menzerokan stunting kepada beberpa keluarga berisiko stunting.

Di waktu yang sama, Pemerintah daerah bersama BPJS Kesehatan juga melakukan MoU dalam rangka memberikan jaminan sosial kesehatan kepada warga Luwu Utara. Tercatat ada 52 ribu warga yang belum tercover dalam BPJS kesehatan akan dijamin 2024 mendatang.

“Untuk 52 ribu warga Luwu Utara kita sudah anggarkan sebanyak Rp.25 miliar melalui APBD Luwu Utara,” tandas Indah.

Baca Juga : Pembangunan Dua Sabo Dam Di Sungai Radda Rampung

Diketahui, Puncak Peringatan Hari ibu dengan tema Perempuan Berdaya Indonesia Maju tersebut turut dirangkaikan dengan peringatan HUT ke-24 tahun Darma Wanita tingkat Kabupaten Luwu Utara. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646