0%
logo header
Rabu, 10 Januari 2024 17:46

Jaga Keandalan Pasokan, PLN Gunakan Teknologi Drone untuk Inspeksi Jaringan

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Petugas PLN di Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan tengah melaksanakan inspeksi jaringan dengan menggunakan teknologi Drone.
Petugas PLN di Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan tengah melaksanakan inspeksi jaringan dengan menggunakan teknologi Drone.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — PT PLN (Persero) terus berinovasi dalam menjaga keandalan pasokan listrik kepada masyarakat. Terbaru, PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) telah menggunakan teknologi Drone untuk memudahkan petugas dalam melakukan pemantauan jaringan listrik di lokasi geografis yang sulit dijangkau.

General Manager PLN UID Sulselrabar, Moch. Andy Adchaminoerdin menjelaskan sebelumnya petugas PLN melaksanakan inspeksi jaringan listrik secara manual. Dengan menggunakan teknologi Drone ternyata cukup efisien dalam melakukan upaya preventif untuk mencegah terjadinya gangguan pasokan yang disebabkan oleh pohon dan menganalisa secara detil kondisi peralatan yang perlu diremajakan.

“Kondisi geografis di Sulselrabar yang beragam menjadi tantangan tersendiri dalam melakukan inspeksi, seperti jaringan yang terletak di pegunungan, melewati sungai dan tepi jurang. Penggunaan Drone menjadi salah satu inovasi yang sangat efektif dalam memantau kondisi jaringan listrik secara komprehensif di lokasi yang sulit dijangkau oleh petugas,” ujar Andy.

Baca Juga : Kunker Presiden RI di Sulawesi Selatan, PLN Sukses Layani Listrik Tanpa Kedip

Andy mencatat sepanjang tahun 2023, PLN UID Sulselrabar telah melaksanakan inspeksi jaringan menggunakan Drone sepanjang 1.120 kilometer sirkuit (kms) jaringan listrik. “Dengan sumber daya manusia 57 pilot Drone bersertifikat, pelaksaan inspeksi jaringan dilaksanakan secara rutin. Bahkan dalam rangka persiapan KTT Asean di Labuan Bajo, kami menerjunkan beberapa pilot Drone terbaik untuk turut membantu pelaksanaan inspeksi jaringan,” pungkas Andy.

Andy berkomitmen dengan segala tantangan yang ada PLN akan terus berinovasi dalam penerapan teknologi mutakhir untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646