0%
logo header
Jumat, 21 Januari 2022 06:40

Kantongi Izin, Festival Bumi Panrita Lopi Bulukumba Digelar di Lapangan Pemuda

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Foto bersama panitia pelaksana Festival Bumi Panrita Lopi kabupaten Bulukumba di warkop Mattoanging, Kamis (20/1/2022).
Foto bersama panitia pelaksana Festival Bumi Panrita Lopi kabupaten Bulukumba di warkop Mattoanging, Kamis (20/1/2022).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BULUKUMBA — Jika tak ada aral melintang, Festival Bumi Panrita Lopi di kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan akan digelar semarak dan meriah pada tanggal 4 sampai 13 Februari 2022 mendatang.

Hal tersebut dirangkaikan dengan hari jadi atau Hari Ulang Tahun (HUT) kabupaten Bulukumba ke 62 tahun.

Ketua Panitia Pelaksana, Nur Alamsyah mengaku bahwa persiapan Festival yang bakal menyuguhkan berbagai even tersebut sudah diangka 70 persen.

Baca Juga : Bupati Bulukumba Beberkan Program Kerjanya ke Peserta Kepemilikan Nasional

” Alhamdulillah saat ini perisapan kami sudah 70%. Pembenahan lokasi sendiri sudah dilakukan sejak hari Senin kemarin,” ucapnya dalam sesi konferensi pers di Warkop Mattoangin, Bulukumba Kamis (20/1/2022) malam.

Bahkan, pihaknya mengklaim telah mengantongi beberapa izin dalam pelaksanaan kegiatan festival, seperti izin penggunaan tempat yang akan terpusat di Lapangan Pemuda dalam kota kabupaten Bulukumba.

“Kita sudah dapat rekomendasi izin di lapangan pemuda, jadi akan ada banyak even nantinya,” sambung Nur Alamsyah.

Baca Juga : Kerap Jadi Sorotan, Bupati Bulukumba Temui Jajaran RSUD Andi Sulthan Daeng Radja

Selain itu, dia mengatakan, panitia juga nantinya menyiapkan gerai Vaksinasi bagi masyarakat dan pengunjung. Jadi pembatasan pengunjung akan berlaku sesuai standar penerapan protokol kesehatan (Prokess), dan bagi masyarakat yang belum melakukan vaksin tidak akan diperbolehkan masuk.

“Nanti juga kami siapkan gerai Vaksinasi. Jadi bagi tamu atau masyarakat yang hendak menyaksikan rangkaian kegiatan diacara kami, mereka harus divaksinasi dulu jika terbukti belum pernah melakukan vaksinasi pertama,” ungkap Nur Alamsyah.

Demi kemeriahan kegiatan Festival Bumi Panrita Lopi ini, Nur Alamsyah meminta kepada seluruh desa atau kelurahan yang memiliki produk UMKM agar ikut memamerkan produknya pada saat acara nanti.

Baca Juga : Terima Peserta Kepemimpinan Nasional, Bupati Bulukumba Dipasangkan Mahkota Papua

Sementara itu, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menginginkan kegiatan yang akan dilaksanakan di Lapangan Pemuda Bulukumba pada 4 sampai 13 Februari 2022 mendatang, tak sekedar seremonial belaka.

” Even ini pertama kali di pemerintahan kami. Jangan hanya sebuah seremonial. Tapi kita harus paham apa makna yang sebenarnya kita inginkan di even ini “, ujar bupati yang akrab disapa Andi Utta belum lama ini.

Andi Utta bilang, apa target di balik even yang setiap tahun dilakukan. Sebab menurutnya momentum ini, diharapkan agar ke depan Bulukumba harus bisa lebih maju dan lebih dikenal lagi.

Baca Juga : Bupati Bulukumba Ungkap Suburnya Lahan Pertanian di Rilau Ale

” Ketika kita cinta Bulukumba, maka kita senantiasa berpikir berinovasi. Jangan berdiam diri,” ungkapnya.

Ia juga menyinggung potensi ekonomi yang harus digerakkan dari sekarang, khususnya pada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Mari sama-sama pikirkan, apa yang harus dilakukan dari sekarang. Ibu-ibu harus ikut lomba, mungkin saja lombanya tanaman hias, termasuk prospek UMKM, seperti souvenir dan lainnya,” terangnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646