0%
logo header
Sabtu, 16 Desember 2023 23:37

Kaukus DPRD Sulsel Launching Buku Wajah Srikandi Masa Kini

Rizal
Editor : Rizal
Kaukus DPRD Sulawesi Selatan resmi meluncurkan buku "Wajah Srikandi Masa Kini" di Kantor DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Sabtu (16/12/2023). (Foto: Istimewa)
Kaukus DPRD Sulawesi Selatan resmi meluncurkan buku "Wajah Srikandi Masa Kini" di Kantor DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Sabtu (16/12/2023). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Kaukus DPRD Sulawesi Selatan resmi meluncurkan buku “Wajah Srikandi Masa Kini” yang merupakan hasil karya 23 anggota DPRD Sulsel perempuan di periode 2019-2024. Karya yang mengisahkan tentang perjalanan dan perjuangan politisi perempuan itu diluncurkan di Kantor DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Sabtu (16/12/2023).

Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari mengatakan bahwa pembuatan buku ini bekerjasama dengan Lembaga Studi Kebijakan Publik (LSKP). Dijelaskan bahwa pada Pileg 2019, keterpilihan perempuan di parlemen Sulsel mencapai 23 dari 85 jumlah anggota.

“Kami berharap buku ini bisa menginspirasi untuk teman-teman politikus, khususnya perempuan. Tidak peduli dari partai apapun tetap semangat untuk senantiasa berjuang dan mewakili perempuan. Karena perempuan juga yang paling memahami apa yang tentu menjadi harapan-harapan yang bisa kita susun dan kemudian kita tetapkan di lembaga legislatif,” katanya.

Baca Juga : Demi Gaya Hidup Sehat, Herbathos Kenalkan Produk Herbal di Acara F8 Makassar

Andi Ina berharap politisi perempuan yang duduk di DPRD Sulsel makin banyak pada Pileg 2024. Maksimal dapat melebihi 30 persen atau lebih dari 23 legislator perempuan.

“Semoga kedepannya politisi perempuan bisa saling men-support, sehingga senantiasa harus saling menguatkan,” ujar Andi Ina.

“Setelah peluncuran buku ini, apa yang kami lakukan selama periodisasi ini bisa sampai kepada masyarakat. Dan kemudian kami-kami yang ada di sini itu bisa mencerminkan betapa pentingnya keterwakilan perempuan untuk juga ada di lembaga politik DPRD Sulsel,” sambung politisi Golkar Sulsel ini.

Baca Juga : Pemkab Gowa Susun SOP Layanan Pencegahan Perkawinan Anak

Sementara itu, Ketua Kaukus Parlemen DPRD Sulsel, Rismawati Kadir Nyampa menyampaikan buku ini merupakan sebuah karya yang dipersembahkan untuk masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya untuk politisi perempuan sebagai inspirasi.

“Untuk politisi perempuan tetap semangat di dalam berjuang meraih suara rakyat dan menambah kursi-kursi parlemen, mulai dari tingkat kabupaten, provinsi sampai di tingkat pusat,” ungkapnya.

“Harapannya tentu kuota 30 persen perempuan bisa tercapai, di mana kita di Provinsi Sulawesi Selatan dari 85 orang sekarang sudah 23 orang secara persentase 28,9 persen. Artinya nyaris sudah mencukupi 30 persen. Mudah-mudahan di Pemilu 2024 yang akan datang kita bisa mencapai ataupun bisa melebihi dari angka 30 persen itu,” tambah Rismawati.

Baca Juga : Bawaslu Sulsel Temukan Puluhan Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN, Pinrang Terbanyak

LSKP sendiri merupakan satu lembaga yang konsen mengawal politisi perempuan dalam memberikan peningkatan kapasitas dan pembekalan kepada caleg-caleg perempuan yang akan bertarung.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa kita tidak terlepas dari kontribusi yang diberikan oleh teman-teman yang ada di LSKP. Salah satu alumninya adalah saya sebagai ketua kaukus dan juga ibu ketua DPRD Sulsel,” beber ketua DPC Demokrat Gowa ini.

Perwakilan LSKP, Salma Djajan memaparkan poin penting dari buku yang diluncurkan ialah peran politisi perempuan sebagai anggota DPRD yang juga memiliki peran-peran di dalam keluarganya.

Baca Juga : IM3 Gandeng Iqbaal Ramadhan Kampanye Freedom Internet Lewat Video “Simpel tapi Spesial”

“Sehingga isinya menceritakan tentang bagaimana teman-teman memilih suatu antara publik dan domestiknya. Begitu juga dengan bagaimana kemudian perjalanannya ketika dia berjuang dulu untuk menjadi seorang anggota DPRD sampai kemudian duduk,” paparnya.

“Di dalam buku ini adalah karya-karyanya dan prestasi yang diraih politisi perempuan dan tentu saja ada tantangan yang dihadapi. Buku ini juga mengulas tuntas masing-masing setiap anggota DPRD yang menuliskan tentang bagaimana strateginya sehingga bisa melakoni semua peran-perannya tersebut,” demikian Salma. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646