0%
logo header
Minggu, 07 Juli 2024 11:06

Kawal Kunjungan Kerja Presiden Jokowi, PLN Sukses Hadirkan Listrik Tanpa Kedip

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
PLN menyiagakan puluhan personel beserta peralatan pendukung saat peresmian Bendungan Pamukullu oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Jumat (05/07/2024). (Istimewa)
PLN menyiagakan puluhan personel beserta peralatan pendukung saat peresmian Bendungan Pamukullu oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Jumat (05/07/2024). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — PT PLN (Persero) sukses mengawal kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ke Provinsi Sulawesi Selatan pada 4 – 5 Juli 2024. PLN menyiapkan pasokan listrik yang andal dan mengerahkan ratusan personel siaga dengan kelengkapan pendukungnya sehingga membuat agenda kenegaraan tersebut berlangsung lancar tanpa gangguan.

Kepala Pengelola Bendungan Pamukkulu, Affandi Kahar menyampaikan apresiasi PLN atas sinergi yang baik mulai dari tahapan pembangunan hingga peresmian oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Selama pekerjaan Bendungan ini, kami sangat terbantu oleh PLN mulai tahap pembangunan dengan sinergi yang baik. Terima kasih kepada PLN yang telah membantu mensukseskan pembangunan hingga peresmian bendungan ini dengan suplai listrik seluruhnya menggunakan Energi Baru Tebarukan,” ungkap Affandi.

Baca Juga : Usung Tema Energi Ramah Lingkungan, PLN Mobile Herald Run 2024 Sukses Kurangi Emisi 3.840 Kg CO2

Disela-sela rangkaian acara peresmian Bendungan Pamukkulu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin menyampaikan telah dilakukan penyerahan _Renewable Energy Certificate_ (REC) dari PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar Selatan yang diterima langsung oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), Surya Darma Hasyim yang menjadi bukti Bendungan Pamukkulu dilistriki dari 100% Energi Hijau.

Andy menegaskan bahwa PLN berkomitmen menghadirkan layanan listrik yang andal dan berkualitas, terutama dalam momentum kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ke daerah. PLN telah menyiapkan pola pengamanan pasokan listrik yang sistematis guna menghadirkan listrik tanpa kedip di titik-titik utama kunjungan, agar agenda kenegaraan dapat berlangsung optimal.

“Kami memastikan akan menjaga keandalan pasokan listrik baik di sisi pembangkit, transmisi maupun distribusi sebagai salah satu hal utama yang membuat agenda berlangsung dengan baik,” ujar Andy.

Baca Juga : Sukseskan Perhelatan Beautiful Malino 2024, PLN Hadirkan Listrik Tanpa Kedip dari Energi Hijau

Andy mencatat PLN menerjunkan 149 personil siaga yang terdiri dari petugas PLN dan pelayanan teknik untuk memastikan pasokan listrik aman di 20 lokasi selama agenda berlangsung.

“Untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik, PLN juga memaksimalkan skema pengamanan penyulang berlapis di lokasi acara sebagai back up keandalan jaringan distribusi agar acara kenegaraan dapat berlangsung dengan lancar dan aman,” tutur Andy.

Di sisi pasokan distribusi, PLN turut menyiagakan total 12 buah genset dan _Uninterruptible Power Supply_ (UPS) dengan total daya sebesar 1,7 Mega Volt Ampere (MVA) di seluruh lokasi kunjungan Presiden.

Baca Juga : Pertama di Sulselrabar, Kelurahan Bonto Lebang Gunakan Energi Bersih melalui REC dari PLN

“Suplai listrik yang tersedia perlu kami amankan juga lewat sistem _back up_ kelistrikan dari genset dan UPS agar menjamin dan meminimalisir tidak terjadinya potensi gangguan pada acara bersama Bapak Presiden RI. Pola pengamanan pasokan listriknya sudah kami siapkan secara sistematis,” tambah Andy. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646