0%
logo header
Minggu, 12 November 2023 12:38

Kawasan Budidaya Pisang Bakal Digalakkan di Sidrap, Syaharuddin Alrif Sebut Lahan Kosong Harus Diisi

Rizal
Editor : Rizal
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin bersama Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif melakukan penanaman pohon pisang di Sidrap, Sabtu (11/11/2023). (Foto: Istimewa)
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin bersama Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif melakukan penanaman pohon pisang di Sidrap, Sabtu (11/11/2023). (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SIDRAP – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin melakukan silaturahmi bersama jajaran Pemda Kabupaten Sidrap, Forkopimda, KPU, Bawaslu, Camat, Lurah, Kepala Desa dan tokoh masyarakat, di Rest Area Datae, Kabupaten Sidrap, Sabtu (11/11/2023).

Hadir Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif, Pj Sekprov Sulsel Muhammad Arsjad, dan Wakil Bupati Sidrap, Mahmud Yusuf.

Mahmud Yusuf yang membacakan sambutan Bupati Sidrap, menyambut baik dan berterima kasih atas kunjungan Pj Gubernur Bahtiar.

Baca Juga : Penguatan Pemberitaan dalam Pengawasan Pilkada Serentak 2024, Bawaslu Sulsel Bangun Sinergitas dengan Media

“Selain bersilaturahmi juga dapat memantapkan dan mensinergikan percepatan pembangunan daerah, khususnya terkait delapan program prioritas Pj Gubernur,” ujarnya.

Ia mengatakan, sudah seharusnya pemerintah kabupaten dan kota bersinergi mewujudkan program prioritas Pj Gubernur. Salah satu program yang akan disinergikan Pemprov Sulsel dan Pemkab Sidrap adalah program ketahanan dan kedaulatan pangan, dalam bentuk budidaya pisang melalui Gerakan Gemar Menanam Pisang atau G2MP.

Sementara itu, Syaharuddin Alrif, menyebutkan, Sidrap memiliki potensi pertanian, perkebunan dan peternakan serta perikanan. Masyarakatnya juga ulet bekerja dan jika diberikan tanggung jawab akan diselesaikan dengan tuntas.

Baca Juga : Toyota Expo by Kalla di TSM Makassar, Pengunjung Bisa Nikmati Penawaran Terbaik

“Maka urusan pisang di sini pasti akan tuntas. Karena kepala desa yang hadir semuanya petani. Apalagi Dandim dan Kapolres juga petani. Insya Allah urusan pisang beres,” ujarnya.

“Bapak Gubernur maunya padi di Sidrap meningkat, tetapi lahan kosong yang ada harus kita isi, bagaimana tanah kosong itu bisa produktif,” imbuhnya.

Di Sidrap, ia bersama 100 kelompok tani sudah melakukan penanaman pisang. “Alhamdulillah berhasil masuk programnya gubernur, kita sisa bagaimana buat kawasan. Ada 1.000 hektar,” ujarnya.

Baca Juga : Beautiful Malino 2024 Angkat Tema Harmoni, Konsep Kegiatan Lebih Spesial

Sementara itu, Penjabat Gubernur Bahtiar menyampaikan, sudah ada sekitar 7.000 hektar lahan yang sudah ditanami pisang saat ini. Budidaya pisang telah lama dilakukan dan untuk program budidaya, bahkan telah pada tahap industri. Pemda juga telah menyiapkan ribuan hektar.

“Tugas kita sebagai pemerintah dan masyarakat mencari sumber kehidupan alternatif, baik itu bertani dan beternak. Masyarakat Sidrap ini terkenal penghasil telur, beras, jagung yang besar. Makanya masyarakatnya sejahtera dan terkenal ulet,” tutupnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646